Kasus Corona Dunia Tembus 17 Juta, Harga Minyak Melemah

Image title
30 Juli 2020, 09:49
Harga Minyak Melemah Terseret Lonjakan Kasus Corona Dunia .
KATADATA
Kilang Minyak. Harga minyak dunia kembali melemah tertekan lonjakan kasus corona yang telah mencapai 17 juta.

Harga minyak dunia kembali anjlok pada perdagangan Kamis (30/7) waktu Indonesia. Penurunan ini dipicu lonjakan kasus baru virus corona global sehingga memicu kekhawatiran pelaku pasar akan merosotnya permintaan bahan bakar.

Mengutip Bloomberg hingga pukul 08.58 WIB, harga minyak Brent untuk kontrak pengiriman September 2020 turun 0,16% ke level US$ 43,68 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman September 2020, turun 0,15% ke US$ 41,22 per barel.

Advertisement

Kedua harga minyak patokan tersebut berada di wilayah stagnan setelah sejumlah negara melaporkan lonjakan kasus corona pada Rabu (29/7). Di samping itu, The U.S Energy Information Administration juga melaporkan penurunan tajam hingga 10,6 juta barel stok minyak mentah pekan lalu.

Analis mengatakan, pergerakan harga minyak yang bergerak bervariasi hari ini disebabkan oleh kekhawatiran permintaan menyusul adanya lonjakan kasus infeksi Covid-19. Hal ini juga menimbulkan kecemasan pasar,  kebijakan karantina wilayah atau lockdown akan kembali diberlakukan. 

Analis komoditas di Commonwealth Bank of Australia, Vivek Dhar,  mengatakan setiap ada laporan lonjakan kasus corona, maka ia melihat selalu ada risiko besar yang membayangi permintaan minyak. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement