Pengusaha Bidik Ekspor Makanan ke Pasar Retail Kolombia & Suriname

Image title
30 Juli 2020, 14:47
Pengusaha Bidik Ekspor Makanan ke Pasar Retail Kolombia & Suriname.
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.
Ilustrasi produk olahan coklat di rumah produksi Griya Coklat Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Rabu (29/7/2020). Aprindo menargetkan produk UMKM dalam negeri menembus pasar retail modern Kolumbia, Suriname dan Karibia.

Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) menargetkan produk makanan beku dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  bisa diekspor menembus pasar retail modern Kolombia, Suriname & Karibia. Hal ini dilakukan untuk menggeliatkan kembali sektor UMKM usai terpukul pandemi corona.

Ketua Umun Aprindo Roy Nicholas Mandey mengatakan, di tengah merebaknya pandemi di seluruh dunia, penjualan makanan beku justru meningkat di berbagai negara. Hal ini juga diikuti penjualan bumbu dapur dan alat kesehatan.

Advertisement

"Kami ingin ada pergeseran dan membangun produk lokal yang bisa dijual ke retail modern dapat diekspor," kata Roy dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis (30/7).

Roy mengatakan, total di Indonesia saat ini ada sekitar 50.000 unit gerai retail modern, yang mana 35% dari produk yang dijual di retail modern saat ini merupakan produk UMKM. Alhasil, dia menilai potensi produk sektor usaha kecil sangat besar.

Oleh karenanya, Aprindno juga akan mulai menginvetarisir produk UMKM apa saja yang berpotensi di bawa kesana.  Dia pun meminta dukungan kedutaan besar Indonesia di negara terkait serta Kementerian Perdagangan untuk membuka akses pasar.

Lebih lanjut, diperlukan juga  peta jalan atau roadmap untuk meningkatkan ekspor ke wilayah dan market intelligence untuk mengetahui barang apa saja yang dibutuhkan oleh oleh pasar di sana. 

Sebagai langkah awal, ekspor bisa dimulai dalam jumla kecil untuk membuka akses pasar. "Misalkan satu atau dua kontainer untuk dapat kami siapkan dan tentunya bagaimana penerimaan di sana termasuk penjajakan market dan logistiknya," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement