Imbas Covid & Perang Dagang, Samsung Tutup Pabrik Komputer di Tiongkok

Image title
Oleh Ekarina
3 Agustus 2020, 11:09
Imbas Covid & Perang Dagang, Samsung Tutup Pabrik Komputer di Tiongkok.
KATADATA/
Logo Samsung Electronics. Raksasa teknologi Korea Selatan ini akan menghentikan produksi komputer di Tiongkok.

Samsung Electronics Co akan menghentikan operasi pabrik komputer terakhirnya di Tiongkok. Raksasa teknologi asal Korea Selatan akan mengalihkan produksi dari Negeri Panda ke negara lain seiring meningkatnya biaya tenaga kerja, perang dagang hingga dampak lanjutan Covid-19.

Penutupan pabrik Samsung Electronics Suzhou Computer akan berdampak terhadap separuh dari 1.700 pekerja pabrik, menurut laporan South China Morning Post berdasarkan informasi kepada staf Samsung. 

Pada 2012, pabrik itu diketahui mengekspor produk senilai US$ 4,3 miliar, namun turun menjadi US$ 1 miliar pada 2018. Juru bicara Samsung menolak berkomentar terkait pengiriman pabrik dan detail karyawan terdampak.

"Tiongkok tetap menjadi pasar yang penting bagi Samsung dan kami akan terus menyediakan produk dan layanan superior bagi konsumen," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, menurut kantor berita Yonhap, Suzhou Samsung Electronics Computer Co akan menghentikan produksi PC (personal computer) dan fokus pada penelitian dan pengembangan (R&D).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...