PMI Manufaktur Bulan Juli Naik, Sinyal Kepercayaan Usaha Makin Kuat

Image title
3 Agustus 2020, 19:52
PMI Manufaktur, Kemenperin Sebut Kepercayaan Usaha Mulai Pulih.
Katadata
Ilustrasi pabrik otomotif. Kemenperin menyebut kenaikan indeks manufaktur mencerminkan pemulihan kepercayaan sektor usaha.

Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia periode Juli 2020 naik level 46,9 dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 39,1. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut, kenaikan ini menunjukkan meningkatnya kepercayaan bisnis di tengah pandemi corona.

“Peningkatan PMI menunjukkan industri dalam negeri terus mengalami pemulihan. Kita sudah melihat adanya pertumbuhan, dan berangsur rebound selama masa pandemi,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Senin (3/8).

Advertisement

Dia optimistis indeks manufaktur akan kembali terkatrol ke titik ekspansif atau di level 50 mengikuti kenaikan tertinggi pada periode Februari 2020. Sebab, sejak pandemi corona merebak di Indonesia, indeks manufaktur terus menurun.

PMI Manufaktur Indonesia sempat mencapai titik terendah pada April dan Mei 2020 masing-masing sebesar 27,5 dan 28,6.

Selain pulihnya aktivitas industri, Agus juga mengatakan, bukti lain pemulihan ekonomi Indonesia juga tercermin dari meningkatnya investasi di sektor industri manufaktur.

“Pemulihan juga kita bisa lihat dari nilai investasi industri pada semester I tahun 2020 yang meningkat 24% menjadi Rp 129,6 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 104,6 triliun," ujarnya.

Bahkan, pada periode Januari-Juni tahun 2020, industri pengolahan nonmigas masih konsisten menjadi sektor yang memberikan kontribusi paling besar terhadap capaian nilai ekspor nasional.

Total nilai pengapalan produk sektor manufaktur mampu menembus hingga US$ 60,76 miliar atau setara Rp 894 triliun. Nilai tersebut menyumbang 79,52% dari total ekspor nasional yang mencapai US$ 76,41 miliar atau senilai Rp 1.124 triliun. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement