Jurnalisnya Terancam Terusir dari AS, Tiongkok Siapkan Aksi Balasan

Image title
Oleh Ekarina
4 Agustus 2020, 17:57
Jurnalisnya Terancam Terusir dari AS, Tiongkok Siapkan Aksi Balasan.
Akarat Phasurat/123RF.com
Ilustrasi perang dagang AS dan Tiongkok. Hubungan kedua negara kembali memanas dipicu oleh aksi pengusiran jurnalis kedua negara.

Tensi hubungan Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok kembali memanas awal pekan ini. Beijing mengancam bakal membalas AS jika mereka tetap bertahan dengan aksi permusuhan dan melanjutkan rencana pengusiran terhadap para jurnalis.

Sejumlah jurnalis Tiongkok terancam hengkang beberapa hari mendatang jika AS tidak juga memberikan perpanjangan visa. 

Juru bicara kementerian luar negeri Tiongkok, Wang Wenbin dalam jumpa pers mengatakan tidak ada jurnalis Tiongkok yang diberikan perpanjangan visa sejak AS membatasi masa tinggal mereka hingga 90 hari, dengan opsi perpanjangan.

"AS telah meningkatkan tindakannya terhadap jurnalis Tiongkok. Mereka harus segera memperbaiki kesalahan dan menghentikan aksinya," ujar Wenbin dikutip dari Reuters, Selasa (4/8). 

Jika AS tetap pada keputusan, Tiongkok akan mengambil tindakan yang diperlukan dan sah untuk melindungi hak negaranya.

Wang tidak mengatakan berapa banyak jurnalis yang akan terdampak aksi balasan. Namun, editor surat kabar Global Times Tiongkok sebelumnya mengatakan, dalam aksi balasannya, Negeri Panda akan menargetkan jurnalis AS yang berada di negaranya maupun yang berbasis di Hong Kong. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...