Luhut Akan Integrasikan Potensi Pariwisata RI untuk Menarik Investor

Image title
5 Agustus 2020, 11:53
Tarik Investor, Luhut Bakal Integrasikan Potensi Pariwisata Indonesia.
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Wisatawan menikmati pemandangan di area objek wisata Tanah Lot, Tabanan, Bali, Minggu (16/2/2020).

Menteri Koordinatot Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bakal mengintegrasikan seluruh potensi sektor pariwisata di Indonesia setelah pandemi corona mampu dikendalikan. Upaya ini dilakukan  guna menarik lebih banyak investor masuk ke industri pariwisata.

Luhut menjelaskan,banyak wilayah Indonsia yang memiliki potensi pariwisata, salah satunya Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Daerah itu bahkan telah dikenal di dunia internasional melalui ajang balap sepeda Tour de Ijen yang sukses digelar selama delapan tahun terakhir.

Advertisement

"Ini tentunya sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menggeliatkan kembali sektor ekonomi yang tengah lesu di tengah pandemi," kata Luhut melalui akun instagram pribadi, dikutip Rabu (5/8).

Menurut dia, promosi pariwisata melalui ajang olahraga internasional sangat efektif dilakukan untuk menarik investor. Selain balap sepeda, salah satu agenda olahraga yang bakal digelar di Banyuwangi yakni kejuaran dunia selancar atau World Surfing League (WFL) pada tahun depan.

Ajang tersebut rencananya digelar di Taman Nasional Alas Purwo dengan ombak terbaiknya berada di Pantai Plengkung dengan ketinggian ombak mencapai 6-8 meter dan panjang dua kilometer. Sehingga, lokasi ini kerap menjadi tujuan wajib para peselancar dari seluruh dunia.

"Dengan membangun infrastruktur penunjang seperti pembangunan dua menara juri untuk kebutuhan kompetisi terbaik ketiga di dunia setelah ajang balap MotoGP," kata dia.

Lebih lanjut, Luhut menjelaskan agenda-agenda yang telah direncanakan itu bakal terlaksana dengan baik jika pandemi telah mampu dikendalikan. Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar terus menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dalam beraktivitas sehari-hari.

"Pencegahan penularan corona yang maksimal akan memberikan rasa percaya kepada para investor dan wisatawan yang akan datang," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement