Kemenhub Dorong Sistem Transportasi Cerdas di Masa Normal Baru

Rizky Alika
5 Agustus 2020, 19:46
Karyawan mencoba alat pembayaran nontunai saat uji coba bus listrik di Kantor Pusat PT Transjakarta, Cawang, Jakarta, Senin (6/7/2020). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba dua bus listrik EV1 dan EV2 rute Balai Kota - Blok M dengan m
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Karyawan mencoba alat pembayaran nontunai saat uji coba bus listrik di Kantor Pusat PT Transjakarta, Cawang, Jakarta, Senin (6/7/2020). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba dua bus listrik EV1 dan EV2 rute Balai Kota - Blok M dengan mengangkut penumpang.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong penggunaan sistem cerdas (intelligent system) pada sejumlah moda transportasi. Penerapan sistem tersebut tetap diikuti dengan penerapan protokol kesehatan dalam menghadapi adaptasi kebiasaan normal baru (new normal) akibat pandemi. 

“Pemerintah mendorong secara maksimal penerapan intelligent system dan protokol kesehatan seperti contactless ticketing," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikutip dari keterangan pers pada Rabu (5/8).

Advertisement

Selain penggunaan teknologi tiket nirsentuh, Kemenhub juga mendorong pembayaran nontunai, informasi digital, sistem aplikasi, dan displin menjaga jarak fisik.

Terkait pengembangan transit, lanjut dia, hal itu tidak terlepas dari pengembangan Sistem Trunk and Feeder. Trunk sebagai sistem transportasi massal layaknya MRT, BRT dan LRT, memerlukan dukungan dari sistem pengumpan sebagai first mile dan last mile melalui moda angkutan dengan ukuran yang lebih kecil dan fleksibel.

Budi pun menilai, penyediaan layanan pengumpan (feeder) konvensional kurang dapat diandalkan seiring dengan pertumbuhan permintaan perjalanan di kota. Oleh karena itu, perlu sistem yang mampu melayani kebutuhan perjalanan masyarakat secara fleksibel dan terjangkau secara real-time.

Keberadaan sistem Ride Hailing dapat dimanfaatkan untuk mengisi kebutuhan layanan pengumpan. Hal ini guna mendukung layanan transportasi massal perkotaan secara optimal.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement