Daya Beli Pulih, Industri Makanan & Minuman Kuartal III Bisa Tumbuh 1%

Rizky Alika
6 Agustus 2020, 20:35
Gelontoran Stimulus Diramal Dorong Industri Makanan 1% di Kuartal III.
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/aww.
Pengunjung berbelanja di Super Market Asia Plaza yang telah menerapkan protokol kesehatan di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (28/5/2020). industri makanan minuman diramal tumbuh 1% paa kuartal III 2020.

Industri makanan dan minuman diprediksi tumbuh 1% pada triwulan III. Pertumbuhan kinerja tersebut sejalan dengan adanya perbaikan daya beli, antara lain lewat pencairan gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS) dan kucuran stimulus pemerintah lainnya.

Ini artinya, perkiraan tersebut lebih tinggi dari realisasi pertumbuhan triwulan II 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, industri makanan dan minuman tumbuh tipis 0,22% secara tahunan. Adapun, pertumbuhan industri ini sebesar 1,87% jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Advertisement

"Saya yakin pertumbuhan industri makanan dan minuman bisa terus meningkat di triwulan III," kata Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) Adhi S. Lukman kepada Katadata.co.id, Kamis (6/8).

Hal ini menurutnya tercermin dari Purchasing Manager's Index (PMI) industri makanan dan minuman yang terus meningkat.

Adapun sepanjang tahun, industri makanan dan minuman diperkirakan tumbuh pada kisaran 1-2% terdorong berbagai kebijakan dan stimulus yang  digelontorkan pemerintah. 

Menurutnya, pemerintah telah berupaya untuk menjaga daya beli masyarakat melalui pemberian gaji ke-13 kepada PNS maupun memberi bantuan sosial kepada masyarakat kelas menengah ke bawah.

Kemudian, ada insentif untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Terbaru, pemerintah juga meluncurkan stimulus Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta.

Dengan langkah pemerintah tersebut, dia berharap dapat memperkuat perekonomian pada triwulan III dan IV tahun ini dan meningkatkan konsumsi, khsusunya produknya makanan minuman. 

Ekspor Makanan Minuman

Dari sisi ekspor, industri makanan dan minuman mampu mempertahankan kinerjanya selama Juni lalu. Hal ini dinilai menjadi indikator positif lantaran ekspor industri makanan dan minuman tidak mengalami penurunan pada tahun ini.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement