Pemerintah Buka Pendaftaran Kartu Prakerja IV Besok, Kuota Lebih Besar

Rizky Alika
7 Agustus 2020, 17:08
Pendaftaran Kartu Prakerja IV Dibuka Besok, Kuota 800 Ribu Pendaftar.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis (23/4/2020) melalui laman resmi www.prakerja.go.id.

Pemerintah akan membuka pendaftaran kartu prakerja gelombang IV pada Sabtu besok (7/8). Pendaftaran gelombang IV akan memiliki kuota 800 ribu orang, lebih besar dibandingkan gelombang sebelumnya yang mencapai 300 ribu orang.  

"Pendaftaran dibuka Sabtu jam 12 siang dengan kuota 800 ribu orang dengan alokasi dana masih sama, yaitu Rp 3,55 juta per orang," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam konferensi pers virtual, Jumat (7/8).

Advertisement

Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Mohammad Rudy Salahuddin menambahkan, Manajemen Pelaksana telah menetapkan kuota sebesar 800 ribu akan berlaku hingga gelombang terakhir.

Dengan demikian, program kartu prakerja dapat mencapai target peserta sebanyak 5,6 juta peserta pada Oktober 2020."Kami berharap pada akhir Oktober ini kalau semua lancar, kemungkinan target 5,6 juta peserta 2020 selesai di bulan Oktober," ujar dia.

Dari kuota yang disediakan pada pendaftaran gelombang IV,  sebanyak 640 ribu orang atau 80% di antaranya akan diberikan bagi pekerja terdampak Covid-19.

Hal ini seperti mengacu pada data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan BPJS Ketenagakerjaan. Kemenaker mencatat ada 2,1 juta pekerja yang terdampak pandemi Covid-19.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement