Sumber Daya Melimpah, Menteri Edhy Sebut Pemanfaatan Laut Baru 10%

Image title
10 Agustus 2020, 14:04
Sumber Daya Melimpah, Menteri Edhy Sebut Pemanfaatan Laut Baru 10%.
ANTARA FOTO/Ampelsa
Pekerja menyelesaikan pembangunan keramba jaring apung di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Aceh, Rabu (5/2/2010). Pembangunan keramba jaring apung untuk budidaya udang, kerapu dan beberapa jenis ikan lainnya tersebut guna meningkatkan produksi ikan dan perekonomian nelayan pesisir.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membeberkan potensi kelautan Indonesia dengan dengan panjang garis pantai mencapai 99.093 kilometer. Meski demikian, pemanfaatan sumber daya kelautan untuk perekonomian masih kecil yakni kurang dari 10%. 

Hal ini disebabkan masih sedikitnya minat masyarakat yang menggeluti sektor ekonomi tersebut.

Advertisement

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan, salah satu potensi yang belum digarap dengan maksimal yakni sektor budidaya tambak udang. Padahal, dengan panjang garis pantai Indonesia seharusnya potensial untuk budidaya udang.

"Kita memproduksi udang saja belum sampai 1 juta ton setahun, padahal luas wilayah laut kita pantai kita terpanjang nomor dua di dunia," kata Edhy saat mewisuda 1.356 lulusan Satuan Pendidikan Lingkup KKP di Seluruh Indonesia secara daring di Jakarta, Senin (10/8).

Menurut dia, berbagai kendala sering dihadapi masyarakat dalam mengembangkan budidaya udang seperti kurangnya bantuan modal dan minimnya kompetensi sumber daya manusia (SDM). Sehingga potensi tersebut belum dimaksimalkan.

Untuk mengatasi hal itu, dari sisi permodalan pemerintah telah menyiapkan bantuan melalui kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp 195 triliun dan akan ditingkatkan hingga 2024 mencapai Rp 334 triliun.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement