Jokowi & Erick Thohir Saksikan 1.620 Relawan Uji Klinis Vaksin Besok

Rizky Alika
10 Agustus 2020, 17:19
Jokowi & Erick Thohir Saksikan 1.620 Relawan Uji Klinis Vaksin Besok.
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri) saat meninjau fasilitas produksi vaksin COVID-19 di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Selasa (4/8/2020).

Pemerintah terus berupaya mengembangkan vaksin untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, ia bersama dengan Presiden Joko WIdodo dan Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo akan menyaksikan penyuntikan calon Covid-19 kepada 1.620 relawan besok.

"Besok saya dan Pak Doni bersama Pak Presiden menyaksikan vaksin perdana di Bandung, Jawa Barat" kata Erick di Kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Jakarta, Senin (10/8).

Langkah ini dinilai penting lantaran vaksin akan diuji coba selama enam bulan ke depan. Rencana uji coba vaksin kepada relawan juga lebih cepat dari perkiraan semula, yaitu pada September.

"Ini perjuangan Profesor dan para dokter, tentu Bio Farma juga," ujar dia.

Sebelumnya, Tim riset Universitas Padjajaran telah mendapat persetujuan dari komite etik penelitian untuk melakukan uji klinis vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Pengujian tersebut merupakan uji coba fase III yang melibatkan PT Bio Farma (Persero), Sinovac, Universitas Padjajaran, dan Kementerian Kesehatan.

Rencananya, vaksin akan diberikan dua dosis kepada relawan. Lalu, tim penguji akan melakukan pengamatan dan pengambilan sampel relawan untuk melihat keampuhan vaksin membentuk antibodi. Totalnya, ada empat kunjungan dalam uji klinis tersebut.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...