Tindak Oknum yang Rugikan Negara, BPK Gandeng Polri, Kejaksaan & KPK

Image title
11 Agustus 2020, 14:19
Tindak Oknum yang Rugikan Negara, BPK Gandeng Polri, Kejaksaan & KPK .
Katadata
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat, (14/03).

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bekerja sama dengan sejumkah aparat penegak hukum yakni Kejaksaan Agung, Kepolisian dan Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK) meningkatkan pengawasan keuangan yang berpotensi merugikan negara. Kerja sama ini dituangkan dalam nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang diteken oleh ketiga instansi tersebut

Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan, MoU serupa pernah ditandatangani BPK dengan Polri pada tahun 2008 dan 2011. Begitu pula dengan Kejaksaan yang pernah disepakati pada 2007 dan 2011.

Advertisement

"MoU ini selain bertujuan untuk memperbaharui kerja sama yang sudah ditandatangani sebelumnya, untuk memperluas cakupan MoU dari sekedar kerja sama dalam konteks pemeriksaan yang berindikasi pidana," kata Agung di Jakarta, Selasa (11/8).

Menurut dia,  kerja sama tersebut merupakan bentuk amanat Presiden Joko Widodo yang menginginkan pemeriksa pengelolaan keuangan dan penegakkan hukum berjalan beriringan. Sehingga akuntabilitas dari laporan keuangan terjamin.

Untuk skema kerjanya, Agung menjelaskan BPK lebih menekankan pada aspek perbuatan yang berkaitan dengan pelanggaran hukum pidana. Sedangkan unsur niat perbuatan yang melanggar hukum akan ditangani oleh pihak penegak hukum seperti Kepolisian, Kejaksaan maupun KPK.

"Kerja sama dengan instansi lain bukan hanya dengan aparat penegak hukum saja, tapi juga untuk menelusuri jejak transaksi," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Jaksa Agung RI Sanitiar Burhanuddin mengapresiasi langkah yang diambil BPK dengan menggandeng penegak hukum dalam mengawasi pengelolaan keuangan negara. Hal ini merupakan momentum meningkatkan kesadaran dan pemahaman lembaga negara dalam tugas dan fungsinya mengelola anggaran.

Burhanuddin optimistis, upaya ini akan berjalan dengan efektif. "Dengan kerja sama ini kami dapat menjadi bagian dalam memastikan pengelolaan keuangan negara," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement