Bisnis Retail Terpukul Corona, Debenhams PHK 2.500 Karyawan

Image title
Oleh Ekarina
12 Agustus 2020, 13:10
Bisnis Terdampak Corona, Debenhams PHK 2.500 Karyawan
@debenhams / Instagram
Ilustrasi logo gerai Debenhams Inggris,

Perusahaan retail department store asal Inggris, Debenhams, berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 2.500 orang karyawannya. Langkah ini terpaksa ditempuh sebagai strategi bertahan perusahaan di tengah hantaman pandemi corona

Dengan pemangkasan ini, artinya Debenhams telah mengurangi sepertiga dari jumlah karyawannya. 

Advertisement

PHK karyawan dilakukan terutama di beberapa gerai di Inggris dan pusat distribusi. Namun, berdasarkan informasi tidak ada gerai baru yang akan ditutup dalam waktu dekat. 

Serikat pekerja gerai, Usdaw bereaksi keras terhadap berita tersebut. Mereka  mengatakan PHK harus diikuti dengan prosedur hukum.

Secara hukum, PHK massal harus tunduk pada periode konsultasi. Usdaw mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan gugatan hukum atas nama-nama anggota yang terdampak.

"Kami telah dihubungi para karyawan yang mengatakan bahwa mereka diberitahukan melalui video call, tanpa konsultasi atau periode pemberitahuan yang tepat seperti yang dipersyaratkan oleh hukum," kata pengurus nasional serikat pekerja Dave Gill, dikutip dari BBC, Rabu (12/8).

Lebih lanjut, dia menyatakan itu adalah cara yang buruk dalam memperlakukan karyawan. 

Pada April lalu, Debenhams kembalimasuk administrasi untuk kedua kalinya dalam setahun ini karena virus corona telah menekan bisnis mereka. Perusahaan mengatakan iklim bisnis retail di Negeri Ratu Elizabeth saat ini masih jauh dari normal, terutama setelah periode penguncian wilayah atau lockdown. 

Pada awal tahun, Debenham disebut telah menutup  20 gerai secara permanen karena dampak pandemi.

"Keputusan sulit seperti itu sedang diambil oleh banyak peretail saat ini dan kami akan terus mengambil langkah yang diperlukan untuk memberikan Debenhams setiap kesempatan untuk masa depan yang baik," ujar manajemen dalam keterangannya. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement