Jokowi Minta Pramuka Buat 2 Gerakan Nasional Bantu Penanganan Corona

Dimas Jarot Bayu
12 Agustus 2020, 19:16
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas kontingan Pramuka Indonesia untuk ikut jambore kepanduan sedunia ke-24 di Virginia Barat, Amerika Serikat (AS), Jumat (19/7).
Rahmat/Humas Kepresidenan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas kontingan Pramuka Indonesia untuk ikut jambore kepanduan sedunia ke-24 di Virginia Barat, Amerika Serikat (AS), Jumat (19/7).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Pramuka Indonesia membuat dua gerakan nasional guna membantu pencegahan penyebaran virus corona. Gerakan pertama, yakni terkaitgerakan kedisiplinan nasional yang mengajak masyarakat untuk menaati penerapan protokol kesehatan.

“Kedua, gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli, dan saling berbagi,” ujar Jokowi saat memberikan amanat ketika upacara peringatan Hari Pramuka ke-59 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8).

Advertisement

Menurutnya, kedua gerakan tersebut berguna dalam menangani masalah nasional yang terjadi akibat virus Covid-19. Selain itu, Jokowi meyakini kedua gerakan tersebut akan mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan para anggota Pramuka.

Jokowi mengatakan, jiwa dan karakter kepemimpinan tersebut sangat dibutuhkan, terutama di era pandemi corona yang mengakibatkan krisis kesehatan dan ekonomi.

“Kita harus selalu peduli terhadap masyarakat sekitar, peduli terhadap kepentingan bersama. Kita harus saling membantu dan bergotong-royong menyelesaikan masalah bersama,” ujarmya. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga mengingatkan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknolosi selama pandemi corona. Sebab, Jokowi menilai penyelesaian masalah kesehatan membutuhkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement