Peningkatan Ekspor Produk Turunan Sawit Indonesia di Masa Pandemi

Rizky Alika
12 Agustus 2020, 21:30
Kenaikan Permintaan Ekspor Oleochemical Kerek Utilisasi Industri Sawit.
Agung Samosir | KATADATA
Crude Palm Oil. Produk crude palm oil yang berbahan dasar kelapa sawit dari kabupaten Landak di stand Provinsi Kalimantan Barat pada pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Ji-Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (15/5).

Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (Apolin) mencatat kenaikan ekspor oleochemical atau produk turunan sawit pada semester I 2020 sekitar 26% menjadi 1,8 juta ton dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Meningkatnya ekspor tersebut turut mengerek utilitas industri menjadi 65-75% dari yang sebelumnya sempat tertekan.

"Di antara perusahaan anggota Apolin, ada 11 yang utilitasnya meningkat berkisar 65-75%," kata Ketua Umum Apolin Rapolo Hutabarat, Rabu (12/8).

Advertisement

Selain dari ekspor, peningkatan utilitas produksi juga ikut terbantu dari kenaikan konsumsi sawit domestik.

Dia memperkirakan konsumsi oleochemical dalam negeri sepanjang tahun ini bisa mencapai 1,6 juta ton. Angka tersebut meningkat 36% dibading konsumsi oleochemical sepanjang tahun lalu sebeanyak 1 juta ton.

Sementara untuk ekspor, hingga akhir tahun diperkirakan terjadi kenaikan 15% menjadi 3,7 juta ton dengan nilai ekspor sebesar US$ 2,6 miliar.

Berdasarkan data Apolin, pada 2018 volume ekspor oleokimia mencapai 2,8 juta ton dengan nilai US$ 2,4 miliar. Kemudian pada 2019, ekspor oleokimia mencapai 3,2 juta ton dengan nilai US$ 2 miliar atau menurun dari tahun sebelumnya seiring pelemahan harga komoditas global.

Adapun peningkatan ekspor tahun ini menurutnya disinyalir karena tingginya kebutuhan bahan baku penyanitasi tangan di tengah pandemi Covid-19. Selain itu,  ada kemudahan izin operasional dari Kementerian Perindustrian sehingga aktivitas produksi dan proses logistik dapat berjalan dengan baik.

"Para buyers di luar negeri juga tidak ada yang melakukan pembatalan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement