Jelang Upacara 17 Agustus, Jokowi Kukuhkan Paskibraka 2020 di Istana

Rizky Alika
13 Agustus 2020, 14:13
Jelang Upacara 17 Agustus, Jokowi Kukuhkan Paskibraka 2020 di Istana.
Katadata
ilustrasi pengukuhan Paskibraka di Istana Negara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2020. Pasukan tersebut akan bertugas untuk mengibar bendera pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI di Istana Negara, Jakarta.

Upacara pengukuhan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta. Selanjutnya, upacara dilanjutkan oleh pembacaan Ikrar Pemuda Indonesia yang dibacakan oleh Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Asrorun Niam Sholeh.

Advertisement

Jokowi sebagai Pembina Upacara turut memberikan pernyataan pengukuhan. "Hari ini saya mengukuhkan Saudara-Saudara sebagai Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Negara pada 17 Agustus 2020," kata Jokowi dalam Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/8).

Adapun dalam pengukuhan tersebut, bertindak sebagai pemimpin upacara yakni Dhea Lukita Adriana, siswa kelas 3 SMA Negeri 1 Ngunut, Jawa Timur.

Para Paskibraka melaksanakan upacara dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, menggunakan masker, dan pelindung wajah. Upacara turut diikuti oleh para 34 Gubernur secara virtual.

Usai melakukan upacara pengukuhan, Jokowi mempersilakan para Gubernur untuk melakukan pengukuhan Paskibraka yang bertugas di provinsi masing-masing.

"Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan rahmat dan kemudahan dalam menjalankan tugas negara," ujar Mantan Walikota Solo itu.

Untuk diketahui, pemerintah akan menyelenggarakan upacara bendera di Istana Kepresidenan pada 17 Agustus 2020. Namun, berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, upacara dan perayaan HUT Kemerdekaan diselenggarakan secara sederhana.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement