Ungkit Daya Beli saat Pandemi, Peretail Gelar Pesta Diskon hingga 75%

Image title
Oleh Ekarina
15 Agustus 2020, 11:16
Ungkit Daya Beli saat Pandemi, Peretail Gelar Pesta Diskon hingga 75%.
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pengunjung memilih pakaian di salah satu toko pakaian di Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (24/12/2019). Peretail menyelenggarakan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) pada 24 hingga 30 Agustus dengan tawaran diskon hingga 75%

Pandemi corona memberi pukulan berat bagi industri retail. Untuk mengungkit daya beli dan pemulihan ekonomi, peretail menyelenggarakan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) pada 24 hingga 30 Agustus dengan tawaran diskon hingga 75%.

Dewan Pembina Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) , Johnny Andrean mengatakan, pengusaha retail menghadapi situasi bisnis yang sulit selama pandemi. Pada April 2020 misalnya, ketika pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberkakukan, omzet pengusaha sempat turun 80%- 90%.

Advertisement

Meski penjualan saat ini perlahan pulih, tapi jumlahnya baru sekitar 50% dibandingkan pada saat situasi normal. 

Dengan kondisi ini, dia pun berharap pengusaha terus bergerak dan  membangun kekompakkan membangkitkan bisnis. Sebab, sektor ini memiliki tenaga kerja yang besar dengan rantai usaha yang panjang, baik dari sisi pabrikkan, pergudangan, distribusi hingga gerai.

"Para anggoata Hippindo sepakat, bagaimana HBDI ini bukan hanya sekedar megejar profit, tapi juga mengembalikan ekonomi yang sedang berkembang," katanya dalam video conference, Jumat (15/8).

Senada dengan Johnny, Ketua HBDI 2020 Fetty Kwartati pun mengatakan, tak seperti tahun sebelumnya, gelaran hari belanja diskon tahun ini tidak memiliki target transaksi khusus. Untuk diketahui, pada 2019 acara ini ditargetkan mampu meraih omzet hingga Rp 72 triliun. 

Pasalnya, acara kali ini akan lebih banyak difoksukan untuk menggerakkan ekonomi, baik dari peratail online, offline, hingga pelaku usaha mikro, kecil dan menegah (UMKM).

"Kami harap acara ini bisa mendorong purchasing power," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement