Pertamina dan Tokopedia Termasuk 10 Tempat Kerja Paling Diminati

Rizky Alika
18 Agustus 2020, 13:41
Pertamina & Gojek Masuk 10 Perusahaan Paling Diminati Selama Pandemi.
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Sejumlah pencari kerja melengkapi berkas pendaftaran di stan perusahaan penyedia lowongan kerja dalam 27th Career Days UGM 2020 di Jogja Expo Center, Bantul, DI Yogyakarta, Sabtu (29/2/2020). Survei mencatat, Pertamina, Unilever hingga Tokopedia banyak diminati pencari kerja selama pandemi corona.

Deka Insight bekerja sama dengan Job2Go melakukan survei mengenai Tren Minat dan Perilaku Pencari Kerja Indonesia di Era New Normal. Dalam survei tersebut dipaparkan, ada sepuluh perusahaan atau lembaga yang paling diminati pencari kerja selama pandemi corona.

Chief Strategy Officer DkStratt & Deka Insight Godo Tjahjono mengatakan, salah satu pekerjaan yang paling diminati pencari kerja adalah di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Adapun perusahaan bidang minyak dan gas bumi, PT Pertamina (Persero) merupakan yang paling diminati pencari kerja.

"Paling banyak ingin di Pertamina," kata Godo dalam paparannya, Selasa (18/8).

Selanjutnya, perusahaan atau lembaga yang paling diminati responden ialah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sementara, perusahaan perdagangan elektronik (e-commerce) Tokopedia menempati posisi ketiga.

Tak hanya itu, para pelamar kerja juga mengincar perusahaan multinasional seperti Google, Unilever, Shopee, kementerian atau pemerintahan, Gojek, Bank BCA, dan universitas atau sekolah.

Sedang dari segi bidang pekerjaan, survei menemukan bidang paling diminati yakni keuangan dengan 10% dari total responden. Kemudian, bidang makanan dan minuman (Food and Beverages) sebanyak 9%, market place dan e-commerce sebanyak 9%, dan retail dan perdagangan 8%.

"Meski food and beverages cukup terdampak, tapi tidak menyurutkan minat pelamar kerja," ujar dia.

 
10 perusahaan atau lembaga paling diminati pencari kerja Indonesia
10 perusahaan atau lembaga paling diminati pencari kerja Indonesia (Job2Go dan Deka Insight)

Berikutnya, posisi pekerjaan yang paling diminati ialah administrasi sebanyak 28% dari total responden, pemasaran dan penjualan sebanyak 25%, sumber daya manusia dan pelatihan 15%, operasional 14%, dan keuangan 13%.

Menurutnya, hasil survei menunjukkan, tidak ada responden yang berminat bekerja pada sektor transportasi dan logistik. Apalagi, transportasi merupakan salah satu sektor yang paling terdampak selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Sebagian besar responden yang disurvei berminat pada status pekerjaan tetap, yaitu sekitar 76%. Responden juga lebih memilih berstatus sebagai karyawan tetap, meski penghasilannya lebih rendah dari pekerjaan lepas.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...