Survei SMRC: 92% Siswa Memiliki Banyak Masalah dalam Belajar Daring

Image title
18 Agustus 2020, 18:49
Survei SMRC: 92% Siswa Memiliki Banyak Masalah Belajar Daring.
ANTARA FOTO/Seno/aww.
Seorang mahasiswa Ahmad Ulul Arham mengikuti ujian skripsi secara daring menggunakan aplikasi Zoom di Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember, Jawa Timur, Rabu (8/4/2020). Sebanyak 92% responden mengaku memiliki masalah selama belajar daring.

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis data hasil survei yang dilakukan pada rentang waktu 5 - 8 Agustus 2020 terkait pendidikan online di masa pandemi Covid-19. Hasil survei tersebut menunjukkan, 92% peserta didik mengalami banyak masalah dalam mengikuti pembelajaran daring selama pandemi corona merebak.

Manajer Kebijakan Publik SMRC Tati D. Wardi mengatakan, survei ini diikuti oleh responden dengan rentang usia 17 tahun ke atas. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5% mengaku masih bersekolah atau kuliah. Sebanyak 87% dari jumlah responden tersebut mengatakan melakukan pembelajaran online, sedangkan yang tidak belajar berjumlah 13%.

Advertisement

"Dari responden yang belajar atau kuliah online, 92%, merasa sangat banyak atau cukup banyak masalah yang mengganggu dengan pembelajaran online," kata Tati dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa (18/8).

Hanya 8% yang menjawab sedikit dan o% menjawab tidak ada masalah. Berdasarkan hasil survei ini juga ditemukan, 60% peserta didik menyatakan tetap pergi ke sekolah atau kampus selama masa pandemi merebak. Sedangkan 29% tidak ada sekolah atau kuliah karena diliburkan dan sisanya 11% tidak menjawab.

Survei ini melibatkan 2.201 responden yang diambil secara acak dari sampel survei tatap muka sebelumnya dengan jumlah proporsional. Wawancara dilakukan pada 5-8 Agustus 2020. Survei dilakukan dengan wawancara melalui sambungan telepon.

Batas kesalahan atau margin of error dalam survei ini yakni sebesar 2,1% dengan teknik sampel dipilih secara acak atau stratified multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95%.

Pada kesempatan yang sama, Manager of Institutional Reasearch and Effectiveness Sampoerna University, Dorita Setiawan mengatakan, kondisi yang serupa turut terjadi pada mahasiswa di kampusnya.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement