Pemerintah Perlu Perkuat Jaringan Logistik untuk Cegah Krisis Pangan

Rizky Alika
18 Agustus 2020, 19:26
Antisipasi Defisit Pangan, RI Perlu Perkuat Infrastruktur Distribusi .
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/pras.
Sejumlah buruh menata karung berisi beras di Gudang Bulog Slawi, Procot, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (17/7/2020). Pemerintah diminta perkuat infrastruktur distrubusi pangan selama pandemi corona.

Pemerintah didesak memperbaiki infrastruktur distribusi pangan selama pandemi Covid-19. Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Felippa Ann Amanta menilai, upaya ini penting untuk memperkuat distribusi pangan di tengah ancaman disrupsi sektor logistik selama pandemi corona.

Pentingnya penguatan jaringan logistik ini dia contohkan dalam kasus pengiriman jeruk. Mengutip dari Profesor Hal Hil, menurutnya lebih murah mengirim jeruk dari Tiongkok ke Jakarta dibandingkan dari Medan dan Pontianak.

Studi Bank Dunia pun menyebut, jarak suatu daerah dapat menjelaskan 70% dari perbedaan harga pangan. "Ini menunjukkan situasi logistik Indonesia masih sangat kurang, apalagi di Indonesia Timur," kata Felippa seperti dikutip dari keterangan yang diterima Katadata, Selasa (18/8).

Kesullitan akses  logistik dikhawatirkan akan menyebabkan defisit pangan di banyak provinsi selama pandemi Covid-19. Padahal, stok pangan secara nasional masih surplus.

Data Badan Ketahanan Pangan (BKP) mencatat, pada  April 2020 terjadi defisit ketersediaan beras sebesar 10-25% dari kebutuhan di Maluku dan Kalimantan Utara. Sedangkan defisit ketersediaan beras lebih dari 25% kebutuhan terjadi di Riau, Kepualauan Riau, Bangka Belitung, dan Maluku Utara. Adapun, stok beras nasional pada April surplus 6,35 juta ton.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...