Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang V Tetap Buka Selama Libur Panjang

Rizky Alika
19 Agustus 2020, 19:01
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang V Tetap Buka Selama Libur Panjang.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pendaftaran gelombang V Kartu Prakerja tetap dibuka selama libur panjang.

Pendaftaran kartu prakerja pada gelombang V tengah berlangsung. Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu memastikan, pendaftaran tersebut tetap dibuka selama libur panjang.

"Ini agar lebih banyak lagi teman-teman yang dirumahkan atau pelaku usaha mikro dan kecil bergabung, terutama dari Indonesia Timur," kata Louisa dikutip dari keterangan resmi yang diterima Katadata, Rabu (19/8).

Namun, pendaftaran gelombang V akan ditutup pada hari Minggu, 23 Agustus 2020, pukul 12.00 WIB.

Pihaknya mencatat, jumlah pendaftar kartu prakerja gelombang V pada Rabu (19/8) sore sudah mendekati 1,3 juta orang dari seluruh Indonesia. Akan tetapi, kuota peserta untuk gelombang kelima hanya sebanyak 800 ribu orang.

Louisa pun belum menginformasikan terkait rencana pembukaan pendaftaran gelombang VI. "Pembukaan gelombang VI akan kami komunikasikan kemudian," ujar dia.

Berdasarkan tracking survey kepada 240.000 penerima Kartu Prakerja, ada banyak penerima Kartu Prakerja yang telah memulai usaha sendiri atau berwirausaha. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan pelatihan yang diambil peserta melalui kartu prakerja.

Sebagai contoh, ada peserta yang memulai usaha warung kopi, pembuatan kue, maupun desain grafis. Ia mengatakan, hal ini sejalan dengan tingginya minat penerima kartu prakerja terhadap pelatihan kategori penjualan dan pemasaran, makanan dan minuman, dan gaya hidup.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...