Giliran Produsen Ban Goodyear Dihantam Presiden Trump

Image title
Oleh Ekarina
20 Agustus 2020, 13:25
Larang Atribut Kampanye di Sekitar Pabrik, Trump Boikot Ban Goodyear.
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria/pras/cf
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyerukan boikot produk ban Goodyear akibat larangan atribut kampanye.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Rabu menyerukan boikot terhadap Goodyear Tire & Rubber Co. Trump menuding perusahaan yang bermarkas di Ohio itu berpolitik dengan melarang penggunaan atribut bertuliskan "Make America Great Again" di sekitar lingkungan pabrik.

Make America Great Again (MAGA)  merupakan slogan yang kerap digunakan Trump dalam kampanyenya dan kerap tercantum pada atribut topi pendukung Trump. 

"Jangan beli ban GOODYEAR - Mereka mengumumkan LARANGAN TOPI MAGA," tulisnya di Twitter, Kamis (20/8).

Presiden Partai Republik yang sedang mencari masa jabatan keduanya ini, mengatakan dia akan mengganti ban Goodyear pada mobil kepresidenannya dengan ban kendaraan lain. 

Sedangkan dalam keterangannya di Gedung Putih, Trump menyatakan ketidaksenangannya dengan Goodyear karena apa yang mereka lakukan mencerminkan permainan politik, dilansir dari Reuters. 

Dia pun meminta Goodyear perlu mengklarifikasi kebijakannya tentang pidato politik dan menyebut larangan tersebut "memalukan". Perusahaan akan mencegah karyawan mengenakan pakaian yang mendukung gerakan 'Blue Lives Matter' yang mendukung penegakan hukum, sambil mengizinkan dukungan untuk tujuan lain yang dia gambarkan sebagai sifat "Marxis".

Goodyear, yang memiliki pendapatan hampir US$ 15 miliar tahun lalu itu mengatakan bahwa gambar yang beredar luas yang memicu kontroversi tersebut tidak didistribusikan oleh grup perusahaan.

"Untuk memperjelas kebijakan perusahaan kami, Goodyear sama sekali tidak menoleransi segala bentuk pelecehan atau diskriminasi," kata perusahaan dalam sebuah pernyataan.

Untuk menegakkan kebijakan itu, Goodyear meminta karyawan untuk menghindari ekspresi di tempat kerja dalam mendukung kampanye politik untuk kandidat atau partai politik serta bentuk advokasi serupa yang berada di luar lingkup masalah keadilan dan kesetaraan rasial.

Saham Goodyear turun sebanyak 6% pada Rabu (19/8) setelah tweet Trump, tetapi berangsur menyusut dengan menutup perdagangan turun 2,4% di level US$ 9,50. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...