E-Commerce Topang Bisnis Retail Asia Pasifik Tumbuh Tercepat di Dunia

Image title
Oleh Ekarina
20 Agustus 2020, 17:12
Ditopang E-Commerce, Pertumbuhan Retail Asia Pasifik Tercepat Dunia.
ANTARA FOTO/REUTERS/Henry Nicholl
Para pembeli melihat dompet-dompet di dalam toko Selfridges di Oxford Street, Inggris. Riset menunjukkan, pertumbuhan retail Asia Pasifik sebagai salah satu yang tercepat di dunia karena ditopang oleh migrasi ke e-commerce.

Pandemi corona telah mempercepat transisi sektor industri retail dari konvensional ke platform digital. Riset Bain & Company dalam laporan “The Future of Retail in Asia-Pacific: How to Thrive at High Speed” mengungkapkan, penetrasi daring di industri retail kawasan Asia-Pasifik lebih cepat dibandingkan negara lain di dunia. 

Kawasan ini mewakili sekitar tiga perempat dari pertumbuhan retail dunia dan penjualan online dengan penetrasi digital yang canggih. Pertumbuhan dan e-commerce wilayah ini pun meningkat drastis. 

Penelitian juga menemukan, dari 2014 hingga 2019, pertumbuhan tahunan penjualan retail Asia Pasifik empat kali lipat dibanding negara lain di dunia. Sedangkan penjualan online tumbuh hampir dua kali lipat.

Padahal, e-commerce Asia-Pasifik sudah dimulai dari basis yang lebih tinggi. Penetrasi online di kawasan ini tumbuh dari 9% menjadi 19% pada 2014 dan 2019. Sedangkan kawasan lain hanya naik dari 6% menjadi 11%.

Tingkat kemapanan digital yang lebih maju di kawasan ini menjadi alasan, pentingnya Asia-Pasifik sebagai mesin pertumbuhan serta harapan industri retail di masa depan. Hal ini terjadi di tengah mulai banyaknya pergeseran selama pademi corona berlangsung.

“Pandemi corona saat ini telah mempercepat gangguan yang berdampak pada sektor retail, tetapi industri ini secara keseluruhan sudah mulai beralih ke inovasi digital dan e-commerce, ”kata penulis laporan yang juga parner Bain & Company, Melanie Sanders. 

Pasar Asia Pasifik menurutnya bisa melakukan lompatan, melampaui tahap pengembangan yang tengah dilakukan oleh AS dan Eropa dengan susah payah.  Hal ini lantas memungkinkan Asia Pasifik sebagai mesin pertumbuhan industri dan pemimpin pasar digital.

"Pasar lain harus mengambil langkah dan belajar dari apa yang terjadi di sini," katanya.

Penelitian juga menemukan setidaknya ada enam langkah percepatan industri di masa pandemi corona. 

Pertama, menemukan kembali proposisi nilai. Konsumen Asia memimpin dalam adopsi digital. Ini bisa diterjemahkan ke dalam pertumbuhan usaha dengan format dan penawaran produk yang mengutaman kenyamanan, belanja online dan polarisasi antara pengecer dan premium.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...