Gantikan GIIAS, Gaikindo Jakarta Auto Week Diramal Jual 20 Ribu Mobil

Rizky Alika
24 Agustus 2020, 15:14
Gantikan GIIAS, Gaikindo Jakarta Auto Week Diramal Jual 20 Ribu Mobil.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi mobil Toyota di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Gedung Nusantara 2, ICE BSD,  Tangerang,  Banten (18/7/2019). Gaikindo tahun ini meniadakan pameran otomotif GIIAS yang digantikan dengan Gaikindo Jakarta Auto Week.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan menggelar pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week pada 21 – 29 November 2020, di Jakarta Convention Center (JCC). Pameran ini ditargetkan mampu menjaring penjualan hingga 20 ribu unit kendaraan.

"Kami perkirakan 18 ribu-20 ribu unit," kata Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi  saat dihubungi Katadata, Senin (24/8).

Advertisement

Ajang ini digelar di tengah pandemi corona dan menggantikan acara pameran otomotif serupa, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27.  Penyelenggaraan GIIAS dibatalkan dikarenakan melibatkan pendukung yang cukup besar, seperti industri terkait.

Penyelenggaraan GIAAS juga mencakup penyelenggaraan konferensi berskala internasional yang melibatkan banyak orang serta peluncuran produk baru dari setiap perserta  dengan proses persiapan yang panjang.

Meski dibuat dalam konsep lebih sederhana, dia optimistis Gaikindo Jakarta Auto Week dapat mendorong tercapainya target penjualan mobil tahun ini sebesar 600 ribu unit. Gaikindo mencatat, penjualan mobil domestik selama Januari-Juli telah mencapai 286.216 unit.

Artinya, Gaikindo perlu mengejar penjualan sebesar 313,7 ribu unit selama Agustus hingga Desember 2020. "Ini cukup menantang," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement