RI Kaji Masukan Vietnam Soal Antidumping Baja Lembaran

Rizky Alika
25 Agustus 2020, 14:44
RI Kaji Masukan Vietnam Soal Antidumping Baja Lembaran.
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Ilustrasi pabrik baja. Komite Antidumping bakal mempertimbangkan masukan Vietnam dalam kajian pengenaan antidumping produk baja lembaran Vietnam.

Komite Anti-Dumping Indonesia (KADI) akan mengkaji masukan dan tanggapan dari Trade Remedies Authority of Vietnam (TRAV) Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam. Tanggapan tersebut terkait investigasi antidumping baja lembaran yang dilakukan KADI sebelumnya. 

"KADI akan mempertimbangkan semua masukan dan tanggapan Vietnam," kata Ketua KADI Bachrul Chairi saat dihubungi Katadata, Selasa (25/8).

Advertisement

Bachrul mengatakan, KADI akan mengkaji masukan terkait dengan analisa kerugian maupun perhitungan marjin dumping. Hal itu  akan dilengkapi dengan bukti dan informasi pendukung.

Saat ini, KADI tengah melakukan proses dengar pendapat dengan perusahaan yang dianggap kooperatif dalam penyelidikan.

Dalam menghitung marjin dumping, KADI akan mengacu pada data pembukuan perusahaan terkait dan data Badan Pusat Statistik (BPS). Sedangkan data kerugian industri dalam negeri, bakal menggunakan data perusahaan dan industri terkait dan data penjualan dari perusahaan eksportir, khususnya Vietnam.

Saat marjin dumping, KADI akan memberikan kesempatan kepada semua pihak yang kooperatif untuk menyampaikan tanggapan. Nantinya, tanggapan tersebut dapat dijadikan pertimbangan KADI dalam menyusun laporan akhir hasil penyelidikan.

Bachrul juga memastikan, pihaknya selalu berpedoman pada peraturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dalam menyelesaikan sengketa antidumping. "Jika kami menemukan data yang membuat perbandingan harga tidak sebanding, akan segera kami lakukan penyesuaian," ujar dia.

Sebelumnya, Trade Remedies Authority Vietnam, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam mengirimkan surat yang menentang beberapa konten dalam draf kesimpulan investigasi antidumping Indonesia terhadap produk lembaran baja yang diimpor dari Vietnam dan China.

Dalam draf kesimpulan KADI pada 30 Juli, KADI mengatakan terjadi dumping pada baja lembaran impor dari Vietnam sehingga merugikan industri baja dalam negeri.

Setelah mendengar berita tersebut, TRAV menganalisis dokumen KADI dan berdiskusi dengan perusahaan terkait hak dan kepentingan mereka.

Secara khusus, TRAV menyarankan KADI menggunakan data yang disediakan oleh perusahaan Vietnam yang akan bekerja sama sepenuhnya dengan KADI selama penyelidikan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement