Jokowi Luncurkan BLT Subsidi Upah Tahap Pertama untuk 2,5 Juta Pekerja

Dimas Jarot Bayu
27 Agustus 2020, 11:10
Jokowi Luncurkan BLT Subsidi Upah untuk 2,5 Juta Pekerja Tahap Pertama.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pool/wsj.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pengarahan saat pemberian bantuan modal kerja di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (24/7/2020). Presiden resmi meluncurkan program bantuan subsidi upah kepada 2,5 juta pekerja.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memberikan bantuan subsidi upah kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta pada Kamis (27/8). Bantuan tersebut akan diberikan kepada 15,7 juta pekerja.

Pada tahap awal, jumlah pekerja yang akan menerima bantuan sebesar 2,5 juta orang. Penerima bantuan terdiri dari berbagai latar belakang profesi, seperti pekerja honorer, guru honorer, karyawan hotel, hingga tenaga medis.

Advertisement

"Ini yang kita luncurkan hari ini 2,5 juta. Kami harapkan nanti di bulan September selesai 15,7 juta pekerja," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

Para pekerja yang mendapatkan bantuan subsidi upah tersebut merupakan peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hingga Juni 2020. Menurut Jokowi, ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada perusahaan yang selama ini patuh membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Para pekerja tersebut akan mendapatkan bantuan subsidi upah senilai Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan. Bantuan ini diberikan setiap dua bulan sekali. Artinya, dalam satu kali pencairan bantuan subsidi upah sebanyak Rp 1,2 juta.

"Tambahan subsidi gaji totalnya yang akan diberikan kepada 15,7 juta pekerja sebesar Rp 2,4 juta," kata Jokowi.

Dengan diberikannnya bantuan ini, Jokowi berharap konsumsi rumah tangga masyarakat akan meningkat. Dengan demikian, hal tersebut bisa mendongkrak ekonomi Indonesia ke depannya.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement