Tak Perlu Modal Besar, Beberapa Perusahaan Fokus Garap Ekonomi Hijau

Rizky Alika
27 Agustus 2020, 20:20
Pelaku Usaha Ungkap Bisnis Berkelanjutan Tak Perlu Modal Besar
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
CEO, PT Rimba Makmur Utama Dharsono Hartono memaparkan materi dalam acara diskusi virtual SAFE Forum 2020: Sustainable Innovation, Kamis (27/8/2020).

Sejumlah perusahaan turut berkomitmen mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan lingkungan atau Sustainable Development Goals/SDGs. CEO PT Rimba Makmur Utama Dharsono Hartono mengatakan, tidak perlu memiliki modal besar untuk memulai bisnis berkelanjutan, 

"Yang dibutuhkan niat besar, bukan modal besar," kata Dharsono dalam webinar Katadata SAFE Forum 2020: Sustainable Innovation, Kamis (27/8).

Advertisement

Ia menjalankan bisnis konservasi hutan tanpa memiliki pengalaman terkait lahan. Meski demikian, hal tersebut bisa dilakukan dengan adanya kegigihan.

Rimba Makmur berdiri dengan tujuan mengurangi emisi sekaligus memberdayakan masyarakat. Salah satu bisnisnya adalah menjual sertifikasi kredit karbon kepada perusahaan.

Perdagangan karbon merupakan kompensasi yang diberikan oleh negara-negara industri maju (penghasil karbon) untuk membayar kerusakan lingkungan akibat asap karbondioksida (CO2) kepada negara pemilik hutan (penyerap karbon). Mekanisme perdagangan karbon telah menjadi solusi di beberapa negara dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

Dia pun mengungkapkan tantangan yang pernah dihadapi dalam menjalankan bisnis ini. Salah satunya, pengajuan izin usaha yang membutuhkan waktu selama 10 tahun. Kala itu, bisnis lingkungan menjadi hal yang baru di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, perusahaannya telah melakukan kegiatan ekonomi berkelanjutan di 34 desa. Selain itu, pihaknya juga telah mengurangi emisi setara 2 juta mobil per tahun, melindungi keanekaragaman hayati, dan menciptakan pembangunan ekonomi.

Rimba Makmur Utama juga memberdayakan dan membina petani setempat. Dharsono  pun turut terjun ke masyarakat untuk melakukan interaksi secara transparan.

"Perusahaan kami ingin mengubah cara pikir di sektor lahan, di mana kami transparan melakukan kegiatan dengan masayarakat," ujar dia.

CEO dan Pendiri eFishery Gibran Huzaifah juga mengungkapkan hal serupa. Ia mengatakan, perusahaan menjalankan bisnis guna memberikan dampak secara ekonomi dan sosial.

Menurutnya, bisnis budidaya ikan ini awalnya ia lakukan dengan modal terbatas. Bisns ini pertama kali ia geluti pertama kali sejak berada di bangku kuliah. 

"Pada kuliah tingkat III, saya bikin bisnis perikanan karena modal kecil. Itu membuka perpsektif saya dan memulai bisnis di bidang fishery," ujar Gibran.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement