Peretail Targetkan Ekspansi Gerai ke Brasil untuk Ekspor Produk UMKM

Image title
28 Agustus 2020, 12:32
Dorong Ekspor Produk UMKM, Peretail Targetkan Ekspansi Gerai ke Brasil.
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Pembeli melakukan pembayaran dari balik plastik pembatas di salah satu minimarket daerah Bekasi, Jawa Barat, Rabu (8/4/2020). Peretail mendorong ekspansi gerai ke Brasil dengan membaw serta produk UMKM.

Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) tengah membidik ekspansi gerai ke Brasil. Dengan ekspansi ini, peretail berharap bisa ikut membawa produk produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) unggulan ke pasar ekspor.

Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey mengatakan, rencana tersebut telah dikomunikasikan bersama Indonesian Trade Promotion Cente atau ITPC selaku promotor perdagangan.

Advertisement

Pada tahap awal, peretail bisa mulai membuka gerai seluas 150 - 200 meter persegi. Gerai itu nantinya bisa diisi dengan bermacam produk UMKM, dalam jumlah kecil di tahap awal misalkan sekitar dua kontainer.

"Kami juga sudah menyusun peretail yang bersedia untuk mengelola gerai di negara-negara tersebut," kata Roy dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (28/8).

Dengan jumlah gerai retail modern yang ada di Indonesia sebanyak 50.000 unit yang terdiri dengan 600 peretail, maka peluang ekspansi ke berbagai negara pun sangat besar. Sedangkan untuk jumlah UMKM yang ada juga sangat banyak, mencapai 65.000 unit usaha.

"Kami sudah sudah ada daftar UMKM unggulan dari berbagai daerah untuk dikurasi dan dikemas," kata dia.

Rencana membuka gerai di Negeri Samba disambut baik oleh Duta Besar RI untuk Brasil, Edi Yusup. Menurutnya, pihaknya siap membantu pengusaha agar ekspansi tersebut dapat segera terealisasi.

Dia merekomendasikan agar Aprindo dapat menbuka gerai tersebut di Sao Paulo. Pasalnya, kota tersebut memiliki salah satu pelabuhan terbesar di Brasil dan juga merupakan pusat kota administrasi bisnis di negaranya dan Amerika Latin.

"Akan kami jajaki. Saya 1.000% mendukung dengan konsep pembukaan gerai," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement