Kesehatan Menurun, PM Jepang Shinzo Abe Mundur dari Jabatannya

Image title
Oleh Ekarina
28 Agustus 2020, 15:51
Kesehatan Menurun, PM Jepang Shinzo Abe Mundur dari Jabatannya.
ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe terlihat dari prompter saat ia berbicara dalam konferensi pers di Tokyo, Jepang, Senin (9/12/2019). Shinzo Abe meyatakan mundur dari jabatannya akibat kondisi kesehatan yang menurun.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengundurkan diri karena kondisi kesehatannya yang terus menurun. Abe akan memberikan keterangan resmi mengenai pengunduran dirinya pada Jumat (28/8) waktu setempat.

Memburuknya kondisi kesehatan  Shinzo Abe diketahui pasca-pemimpin Jepang berusia 65 tahun itu dua kali masuk rumah sakit. Desas desus pun muncul dan menimbulkan spekulasi akan kemampuannya menjalankan sisa jabatannya sebelum berakhir pada September 2021.

"Kurangnya informasi telah menciptakan kekosongan yang diisi dengan munculnya berbagai spekulasi," kata Tobias Harris, penulis The Iconoclast: Shinzo Abe and the New Japan, biografi Shinzo Abe yang akan diterbitkan pada November, dikutip dari Al Jazeera.

Delapan tahun menjabat, Abe tercatat sebagai pemimpin terlama di Jepang, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang paman buyutnya, Eisaku Sato setengah abad lalu.

Periode ini merupakan kedua kalinya ia bertugas sebagai perdana menteri. Dia pernah mengundurkan diri secara tiba-tiba pada periode jabatannya pertama di 2007 karena menderita kolitis ulseratif (radang usus besar). Dia pun akhirnya kembali menjabat pada 2012 setelah mengatakan mampu mengendalikan penyakitnya dengan obat-obatan yang tersedia.

Namun, berdasarkan jajak pendapat belum lama ini, popularitasnya menurun 30% terkait penanganannya terhadap pandemi virus corona serta skandal antar anggota partai yang berkuasa.

Dia membangun pemerintahan berdasarkan rencananya menghidupkan kembali ekonomi melalui kebijakan pengeluaran dan pelonggaran moneter "Abenomics". 

Teka-teki Pengganti Abe

Kabar mundurnya Abe dari jabatan perdana menteri sebelumnya telah dibantah oleh rekannya dari Partai Demokrat Liberal yang berkuasa termasuk Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga. Dia mengatakan telah bertemu Abe dua kali sehari dan tidak melihat tanda-tanda perubahan pada kesehatannya.

Beberapa analis juga memperkirakan Shinzo Abe akan menyelesaikan masa jabatannya, terlepas dari kesehatannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...