PMI Manufaktur Naik, Tanda Kepercayaan Bisnis Mulai Meningkat

Image title
Oleh Ekarina
1 September 2020, 19:29
Indeks Manufaktur Naik, Menperin: Kepercayaan Bisnis Mulai Tinggi .
ANTARA FOTO/UMARUL FARUQ
Pekerja memproduksi lampu tenaga surya hemat energi saat peresmian pabrik PT Santinilestari Energi Indonesia di kawasan Ngerong, Gempol, Pasuruan, Jawa Timur. PMI manufaktur Indonesia naik ke level ekspansi pada Agustus setelah PSBB.

Sektor industri manufaktur Tanah Air kembali menggeliat di tengah tekanan pandemi Covid-19. Hal ini tercermin dari Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia Agustus yang berada pada level 50,8 naik 3,9 poin dari indeks periode Juli 2020 yang berada di level 46,9. 

Capaian indeks manufaktur Indonesia di level 50,8 menandakan industri berada dalam fase ekspansif karena melampaui ambang netral 50,0. 

“Ini merupakan kabar gembira, artinya salah satu indikator perekonomian kita mulai merangkak naik. Ini harus kita jaga dan terus ditingkatkan dengan tetap fokus dan kerja keras dalam upaya pemulihan ekonomi nasional,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Selasa (1/9).

Kendati banyak industri mulai beroperasi, protokol kesehatan ketat harus tetap diperhatikan dan diterapkan. Pemerintah pun mewajibkan  perusahaan industri untuk aktif melaporkan penerapan protokol kesehatan  viaonline melalui portal Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas).

Menurut laporan IHS Markit, indeks manufaktur Indonesia pada Agustus tahun ini menunjukkan peningkatan yang solid, baik dalam produksi maupun pesanan baru. Hal ini lantas berkontribusi positif terhadap kondisi bisnis yang menurun sejak Februari.

Ekspansi pada output dan permintaan baru tersebut mengalami kisaran yang tercepat selama enam tahun.

Menurut survei, perusahaan manufaktur di Indonesia umumnya menyatakan  output dan pertumbuhan penjualan yang kuat berasal dari pembukaan kembali ekonomi secara bertahap. Ini ditunjukkan oleh peningkatan permintaan konsumen, terutama didorong oleh pasar domestik.

Selanjutnya, indeks manufaktur Indonesia pada bulan kedelapan juga memperlihatkan kepercayaan bisnis yang naik ke level tertinggi sejak Mei. Hal ini karena perusahaan menyesuaikan diri dengan pelonggaran bertahap pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait penyebaran virus corona.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...