Insentif Kartu Prakerja Sudah Dicairkan ke 610 Ribu Peserta

Rizky Alika
4 September 2020, 16:02
Insentif Kartu Prakerja Sudah Dicairkan ke 610 Ribu Peserta.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis (23/4/2020) melalui laman resmi www.prakerja.go.id. Dana insentif kartu prakerja sudah dicarikan kepada 610 ribu orang.

Pendaftaran kartu prakerja telah memasuki gelombang VII. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mencatat, insentif kartu prakerja saat ini sudah dicairkan kepada 610.563 orang.

Secara rinci, jumlah pendaftar kartu prakerja di situs resmi telah mencapai 15,9 juta orang. Dari enam gelombang pendaftaran, Manajemen Pelaksana (PMO) telah menetapkan sebanyak 3 juta orang penerima kartu prakerja.

Advertisement

"Dari jumlah tersebut, 849.921 orang telah menyelesaikan pelatihan pertamanya dan 610.563 orang telah menerima insentif," kata Susi seperti dikutip dari keterangan pers, Jumat (4/9).

Adapun dalam ekosistem kartu prakerja saat ini, terdapat tujuh platform digital, empat mitra pembayaran dan 165 lembaga pelatihan yang menyediakan lebih dari 2.000 jenis pelatihan.

Susi mengatakan, jumlah lembaga dan jenis pelatihan ini akan terus  ditingkatkan seiring bertambahnya mitra dan jenis pelatihan yang akan divalidasi Manajemen Pelaksana. "Ini juga akan berkembang dinamis mengikuti perkembangan di lapangan,” ujar dia.

Dengan target ke depan,  pemerintah akan menggandeng stakeholders untuk  bekerja sama dan bersinergi dalam menyukseskan pelaksanaan kartu prakerja. Sinergi tersebut diperlukan, khususnya bagi pemerintah daerah (pemda) yang berhadapan langsung dengan masyarakat terdampak.

Pemda juga diharapkan dapat ikut mensinergikan kartu prakerja kepada seluruh pemangku kepentingan lain di tiap daerah. Kemudian, memfasilitasi masyarakat yang kesulitan infrastruktur, sarana digital, maupun penyandang disabilitas.

Selanjutnya, ia juga menuntut peran aktif Pemda yang nanti akan membantu masyarakat di daerahnya dalam melakukan pendaftaran kartu prakerja secara luring melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Adapun, mekanisme dan bisnis proses pendaftaran luring ini akan diatur lebih lanjut melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan yang segera akan ditetapkan dalam waktu dekat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement