Pemulihan Sektor Transportasi Diramal Berlanjut di Kuartal IV

Rizky Alika
4 September 2020, 17:23
Pemulihan Sektor Transportasi Diramal Terus Berlanjut di Kuartal IV .
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
Calon penumpang dengan menerapkan jaga jarak mengantre untuk lapor diri di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (10/7/2020). Sektor transportasi diperkirakan mulai pulih pada kuartal III 2020 seiring PSBB transisi dan pulihnya aktivitas masyarakat.

Sektor transportasi mulai menunjukkan tanda pemulihan. Diperkiraan, sektor ini mulai tumbuh positif mulai triwulan III seiring dengan diberlakukannya fase Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. 

"Pulih dibandingkan saat PSBB diberlakukan, tapi memang belum begitu signifikan," kata Pengamat Transportasi Azas Tigor Nainggolan saat dihubungi Katadata, Jumat (4/9).

Advertisement

Menurutnya, pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan yang memberikan peluang bagi masyarakat untuk menggunakan secara aman. Hal ini yang lantas  mendorong pergerakan semua jenis transportasi, baik angkutan darat, laut, dan udara.

Meski begitu, ia menilai ada sejumlah hal yang perlu diperbaiki guna meningkatkan pertumbuhan sektor transportasi. Seperti, aksesibilitas terhadap pemenuhan syarat perjalanan perlu dijamin oleh pemerintah.

Berdasarkan pengalamannya saat menaiki kapal di Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur, teradapat persyaratan penumpang harus sudah melakukan tes cepat (rapid test) Covid-19 sebelum menaiki kapal.

Namun, pelabuhan bersangkautan tidak memberikan fasilitas rapid test di lokasi. Alhasil, penumpang perlu mencari fasilitas kesehatan yang menyediakan rapid test. Kondisi ini juga dinilai berpotensi memunculkan oknum-oknum dalam menjalankan praktik bisns curang. 

Selain itu, proses verifikasi rapid test di pelabuhan tersebut dinilai birokratis. Semestinya, proses tersebut dipermudah agar pemenuhan protokol kesehatan tidak menjadi beban bagi penumpang.

"Jadi saya lihat regulasi dan implementasi antar sektor belum kompak. Ini yang membuat pertumbuhan kurang kencang," ujar dia.

Meski begitu, ia optimistis pertumbuhan sektor transportasi akan semakin tumbuh positif pada triwulan IV 2020. Hal ini dinilai akan berdampak terhadap sektor lainnya.

Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) sekaligus pengamat transportasi Djoko Setijowarno pun memperkirakan sektor transportasi mulai pulih seiring meningkatnya mobilitas masyarakat. Hal ini tampak dari penggunaan akses tol di Jawa yang sudah sekitar 80%.

"Penumpang yang mengalami kendala rapid test di pesawat akan memilih keluar kota melalui tol," ujar dia.

Alhasil, tren pertumbuhan sektor transportasi bisa semakin positif pada triwulan IV. Selain itu, dorongan penggunaan moda transportasi juga bisa datang dari kebijakan perjalanan dinas antar pulau. Kebijakan ini dapat memberi sumbangan yang signifikan terhadap penjualan tiket pesawat.

Namun, lonjakan penggunaan transportasi ini juga perlu disertai dengan adanya jaminan keamanan pelaku usaha dalam penerapan protokol kesehatan. Pemerintah juga diminta untuk menjalankan fungsi pengawasan selama pandemi masih bergulir, untuk mencegak penularan corona.

"Pemerintah sebagai regulator perlu sering mengawasi," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement