Walmart Uji Coba Pengiriman Barang dengan Drone ke Pelanggan

Image title
Oleh Ekarina
10 September 2020, 11:25
Walmart, Retail, Amerika Serikat, Digital, E-Commerce
Walmart/ youtube
Ilustrasi Walmart Pay. Peretail asal Amerika Serikat, Walmart menguji coba layanan pengiriman belanja dengan drone.

Peretail Amerika Serikat (AS) Walmart mulai menguji coba layanan pengiriman dengan pesawat tanpa awak atau drone. Strategi ini untuk meningkatkan penjualan mereka di tengah pandemi corona dengan membatasi kontak.

Bekerja sama dengan perusahaan drone Flytrex, pada tahap awal proyek ini akan diuji untuk pengiriman dari gerai Walmart ke rumah pembeli di wilayah Fayetteville, Carolina Utara.

Walmart merupakan satu di antara segelintir pengecer yang penjualannya melonjak selama pandemi dan di tengah booming sektor e-commerce. Penjualan online perusahaan hampir dua kali lipat dalam kuartal terakhir, sedangkan penjualan di toko lain hanya naik 9%.

Pesaing Amazon dan Target ini pun mencatat kenaikan penjualan musim panas. Walmart menyebut, eksperimen ini akan membantu perusahaan mempelajari bagaimana pelanggan dan pekerja retail menggunakan teknologi dalam mendorong penjualan.

"Kami tahu bahwa perlu waktu sebelum kami melihat jutaan paket dikirimkan melalui drone," kata manajemen Walmart itu dalam keterangannya, dikutip dari CBS News, Kamis (10/9).

Manajemen menambahkan, saat ini mereka berada pada titik di mana belajar lebih banyak menggunakan teknologi yang tersedia untuk membuat hidup pelanggan  lebih mudah.

Pelanggan Walmart dapat mengunduh aplikasi Flytex untuk melihat apakah mereka memenuhi syarat untuk pengantaran barang via drone, kata juru bicara Walmart. 

Pesaing Walmart di segmen e-commerce, Amazon memperoleh persetujuan dari Federal Aviation Administration bulan untuk sistem pengiriman drone miliknya. Sistem ini diklaim mampu mengirimkan paket ke pelanggan dalam 30 menit.

Anak perusahaan UPS dan Alphabet, Wing, juga memiliki persetujuan FAA untuk melakukan pengiriman drone.

Transformasi ke Gerai Offline

Di tengah ketatnya persaingan teknologi retail online, Amazon mulai merambah ke bisnis gerai fisik dengan membuka gerai Go Grocery.  Perusahaan membawa format toko tanpa kasir yang lebih besar ke pinggiran kota Seattle dan di depan pintu kantor pusat Microsoft.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...