Strategi Artotel dan Pengelola Hotel Mengerek Okupansi saat Pandemi

Image title
Oleh Ekarina
17 September 2020, 07:00
Artotel group, Halodoc, Perhotelan, Okupansi, Pariwisata, Kesehatan, Startup, Bisnis, Pandemi Corona, Covid-19.
Artotel Group / Youtube
Ilustrasi Hotel Artotel. Perusahaan jaringan hotel Artotel Grup bekerja sama dengan Halodoc tingka edukasi staf protokol kesehatan.

Menurunnya kunjungan tamu selama pandemi Covid-19 membuat perusahaan perhotelan berlomba-lomba meningkatkan pelayanan sesuai standar protokol kesehatan. Ini bertujuan agar tamu merasa nyaman dan tak ragu menginap di hotel saat pandemi corona. 

Artotel Grup bekerja sama dengan startup telemedicine Halodoc, akan memperketat penerapan protokol kesehatan guna meningkatkan kenyamanan tamu.

Advertisement

Chief Operational Officer Artotel Group, Eduard Rudolf Pangkerego mengaku optimistis bisnisnya tetap berjalan di masa adaptasi kebiasaan baru dengan penerapan prosedur kesehatan. Kesehatan disadari menjadi barang mewah baru bagi masyarakat saat ini.

Melalui kerja sama dengan Halodoc, staf Artotel akan mendapatkan pelatihan dalam meningkatkan standar kebersihan dan akan diimplementasikan di seluruh jaringan hotel. 

Seperti penyemprotan desinfektan setelah tamu checkout, prosedur laundry ketat misalnya dengan air panas atau alat steamer yang mampu mengangkat bakteri yang melekat.

Pembersihan desinfektektan bakal ditingkatkan dan dilakukan teratur, khususnya semua area yang banyak disentuh.

"Karyawan diharapkan lebih  well educated menaikkan standar hygiene, sanitation, bantu dengan orang yang capable ," ujarnya dalam diskusi virtual di Jakarta, Rabu (16/9).

Sementara itu, General Manager Artotel Hotel Thamrin Jakarta, Dicky Panjaitan mengatakan, manajemen hotel akan semakin meningkatkan standar kebersihan kamar selama pandemi.

"Dari tamu masuk sediakan hand washer, pakai aplikasi tracing, cek suhu. Selain pelatihan, para karyawan akan rutin menjalankan rapid test setiap bulan," katanya. 

Selain memberikan penyuluhan protokol Covid-19, booth Halodoc akan tersedia di hotel Artotel. Kemudian, bagi tamu yang ingin berkonsultasi bakal diberikan voucher aplikasi senilai Rp 25 ribu.

Para tamu juga akan diberikan edukasi kesehatan dalam desain kreatif melalui media stiker di lift atau beberapa area, seperti kewajiban memakai masker. 

"Hal kecil tapi dampaknya akan sangat membantu untuk mengingatkan. Apabila dibutuhkan tenaga kesehatan online bisa dichat. Kampanye penting, semangat bukan semata bisnis tapi edukasi dengan kebiasaan baru," kata Dicky. 

halodoc
Aplikasi Halodoc (Katadata)

Chief Marketing Officer (CMO) Halodoc,  Dionisius Nathaniel, mengatakan butuh semua stakeholder dalam mendisiplinkan protokol kesehatan.

"Kerja sama ini selain agar hotel nyaman, juga aman dan sehat. Staf harus dipastikan menjalankan protokol kesehatan ketat dan mengedukasi customer dengan berbagai materi yang telah disiapkan," katanya. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement