Perjalanan Mantan CEO PepsiCo Membawa Brand Mendunia

Image title
Oleh Ekarina
22 September 2020, 12:30
Pepsi Co, Donald Kendall, Amerika Serikat, Rusia, Minuman, Brand, Pemasaran, Perusahaan.
TWITTER @ID_Pepsi
Ilustrasi minuman Pepsi yang diedarkan di pasar Indonesia. Mantan CEO PepsiCo. yang membawa brand ini mendunia wafat pada Sabtu (19/9).

Donald Kendall, mantan CEO PepsiCo yang mengubah perusahaan menjadi  produk konsumsi global, meninggal dunia pada usia 99 tahun. Dia dianggap berhasil membawa brand PepsiCo mendunia dan memimpin selama 23 tahun.

Selama masa jabatannya sebagai CEO, pendapatan perusahaan meningkat hampir 40 kali lipat, dari US$ 200 juta menjadi US$ 7,6 miliar atau sekitar  Rp 112 triliun. 

Advertisement

"Di bawah kepemimpinan Kendall, PepsiCo menjadi salah satu perusahaan produk konsumen terbesar di dunia dan mengangkat beberapa merek makanan dan minuman terlaris di dunia ke status ikonik," tulis manajemen PepsiCo dikutip dari CNN.com, Selasa (22/9). 

Kendall pernah mengatakan bahwa  pesaingnya, Coca-Cola telah memberi tempat terbaik bagi PepsiCo dalam "perang cola," yang justru menguntungkan kedua perusahaan. Persaingan tersebut hingga kini masih berlanjut melalui strategi kampanye dan iklan kedua perusahaan yang terkadang kontroversial.

Dia ditunjuk sebagai CEO pada 1963 dan sekitar dua tahun kemudian ia menandatangani kesepakatan penggabungan atau merger antara Pepsi-Cola dan Frito-Lay.

Kerja sama ini menciptakan strategi PepsiCo "modern" yang mendasari pemikiran orang yang makan keripik menikmati minuman pada saat bersamaan.

Sebelumnya, Pepsi menambahkan produk baru termasuk Diet Pepsi dan Mountain Dew yang dibeli melalui Tip Corp. of America.

Kendall pensiun dari jabatannya sebagai CEO pada 1986, namun tetap menjabat sebagai penasihat tepercaya PepsiCo. Secara total, dia mengabdi di perusahaan selama 39 tahun masa hidupnya.

Perjalanan Karier di PepsiCo

Pria yang lahir di Washington ini mengawali pekerjaannya di PepsiCo di divisi jalur pembotolan PepsiCo,lalu berpindah divisi ke bagian truk pengiriman. Karirnya melesat setelah ia berkasil menjual sirup ke restoran sebelum akhirnya naik pangkat menjadi eksekutif penjualan dan pemasaran perusahaan.

Kendall lantas diangkat sebagai wakil yang memimpin penjualan nasional pada 1952 dan beranjak ke posisi kepala pempinan operasi Pepsi-Cola International pada 1957 hingga 1963. Dia dinilai berhasil memimpin ekspansi Pepsi hingga saat itu terjual di  103 negara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement