Transmart dan Hypermart Bersaing Rebut Konsumen Lewat E-commerce

Image title
Oleh Ekarina
23 September 2020, 08:26
Retail, Digital, E-commerce, Shoppe, Bisnis, Penjualan , Lippo Group, CT Corp, Brand, Pemasaran, Marketing .
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas kasir melayani pembeli dengan menggunakan pelindung wajah di Transmart, Gajah Mada, Jakarat, Senin (1/6/2020). Dua peretail milik konglomerasi besar memperkuat channel digital selama pandemi corona.

Peretail supermarket, Transmart Carrefour dan Hypermart terus berstrategi mendorong penjualan di tengah pandemi corona. Selain melalui gerai fisik, perusahaan juga memperkuat omni-channel melalui platform e-commerce, media sosial dan aplikasi pesan.

Vice President Corporate Communications PT. Trans Retail Indonesia, Satria Hamid mengatakan pandemi corona memengaruhi perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja. 

Advertisement

Perusahaan retail milik konglomerasi CT Corp ini telah membuat aplikasi bernama Transmart Delivery  yang memungkinkan customer  berbelanja kebutuhan hariannya dari rumah.

"Aplikasi ini sudah dibuat sejak awal pandemi mewabah di Indonesia. Bisa diunduh dan digunakan masyarakat baik dengan smartphone android maupun  iPhone," ujarnya kepada katadata.co.id, Selasa (22/9). 

Dengan aplikasi ini, konsumen dapat memilih di gerai mana ia mau berbelanja atau gerai terdekat dari lokasi rumah. Berikutnya, konsumen memilih produk apa saja yang hendak dibeli, baik berupa produk pangan atau non-pangan. 

Menurutnya, harga sama jual yang tertera di aplikasi dengan harga yang di toko , termasuk promosi yang berlaku di toko. 

Usai berbelanja, produk belanjaan dikemas dan dikirim ke alamat konsumen. Pembayaran dilakukan saat staf Transmart sudah datang di rumah pelanggan secara cash, debit, maupun kredit.

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen berbelanja, Transmart juga bekerjasama dengan beberapa e-commerce. Untuk pembelian produk kebutuhan harian varian food dan produk fresh dapat dilakukan melalui Happy Fresh, produk- penunjang gaya hidup atau pun home decor dengan brand Okidoki dan Trans Living bisa dibeli di Shopee.

Sementara itu, untuk beberapa kebutuhan harian kategori pangan dan non-pangan serta perkakas rumah tangga (produk harware) bisa dibeli melalui aplikasi Lazada.

Tak hanya itu, adanya pandemi juga menjadikan perusahaan lebih menggencarkan startegi digital marketing. "Secara rutin, kami melakukan engagement kepada pelanggan melalui akun resmi sosial media tentang promo di Instagram,m Facebook hingga channel Youtube," katanya.

Namun demikian, dia enggan menyebut target kontribusi pelanggam maupun jumah penjualan yang berhasil di dapat dari online. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement