BlueBird Siasati Sepi Penumpang Masa PSBB Lewat Layanan Logistik

Image title
Oleh Ekarina
24 September 2020, 09:00
Blue Bird, Logistik, Transportasi, PSBB, Taksi, Jakarta, Hotel, Aplikasi, Digital, Bisnis.
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Penumpang menaiki taksi blue bird di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020).

Perusahaan taksi PT Blue Bird Tbk memperluas layanan ke sektor logistik lewat program BirdKirim seiring pemberlakuan  pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta.

General Manager of Corporate Communications PT Blue Bird Tbk, Aninda Perdana, mengatakan perusahaan meluncurkan layanan tersebut sebagai solusi mendukung kelancaran pemenuhan kebutuhan masyarakat selama beraktivitas di rumah.

Advertisement

“Program logistik BirdKirim, diharapkan mampu memberikan solusi bagi masyarakat beraktivitas, namun harus memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari bahan makanan, rumah tangga dan pengiriman barang,” kata Aninda dalam keterangan tertulis, Rabu (23/9). 

Aninda mengatakan, pemesan dapat mengakses layanan BirdKirim melalui aplikasi MyBluebird. Caranya, pengguna cukup membuka layanan BirdKirim di aplikasi dan mengisi lokasi pickup (titik jemput) dan destination (tujuan).

Pemesan akan mendapatkan keterangan harga berdasarkan fixed price yang dapat dibayar melalui metode tunai ataupun non-tunai. Kemudian pengemudi Bluebird akan mengambil barang tersebut sesuai dengan pesanan.

Dia menambahkan, perusahaan telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada layanan BirdKirim, seperti pengecekan kesehatan rutin dari pengemudi Bluebird sebelum beroperasi dalam melayani masyarakat.

Bluebird membekali pengemudi seperti masker dalam mengantarkan barang pesanan ke lokasi tujuan. Setelah selesai beroperasi, perusahaan juga melakukan pembersihan erhadap armada untuk memastikan kesiapan armada keesokan harinya.

“Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat kepada pengemudi dan armada, kami berharap layanan BirdKirim mampu memenuhi permintaan dari masyarakat serta memberi kenyamanan saat melaksanakan social distancing pemerintah,” ujarnya. 

Mitra Kerja Sama

Untuk memperluas jangkauan pasar BirdKirim, Bluebird juga menggandeng berbagai mitra dari lini bisnis yang berbeda. Mitra tersebut di antaranya Hotel Dharmawangsa, Hotel Aston Priority Simatupang, Mall Plaza Indonesia, Central Park, Neo Soho, ICE BSD Restaurant.

Director of Marketing Communications Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center, Paundra Hanutama merespons positif kerja sama dengan Bluebird Group.

"Layanan BirdKirim mampu memenuhi kebutuhan dan permintaan kami dalam menawarkan layanan logistik yang aman, nyaman dan terpercaya,” ujar Paundra.

Dengan ribuan armada, BlueBird saat ini beroperasi di lebih dari 600 titik eksklusif di hotel, mal, pusat perbelanjaan, dan lokasi lainnya. Blue Bird saat ini memiliki  empat layanan, mencakup taksi reguler (brand Blue Bird dan Pusaka), layanan taksi eksekutif (Silver Bird). Lalu layanan limusin dan sewa mobil (Golden Bird) dan sewa bus (Big Bird).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement