Strategi Pivot Airbnb Ubah Pemasaran di Masa Krisis

Image title
Oleh Ekarina
25 September 2020, 14:20
Strategi Pivot Airbnb dan Perubahan Pemasaran di Masa Krisis.
AirBnB
Caravan trailer di AirBnB. Krisis ekonomi akibat pandemi corona membuat perusahaan memutar bisnis, termasuk yang dilakukan marketplace penginapan Airbnb.

Sektor perhotelan dan penginapan terpukul akibat pandemi corona. Pionir marketplace penginapan, Airbnb menerapkan strategi pivot untuk mempertahankan bisnis di masa krisis.

Pivot adalah aktivitas pengembangan usaha dengan mengubah model bisnis, namun tetap mempertahankan visi. Istilah ini diambil dari gerakan pada olahraga basket, mengubah arah dengan berpijak pada salah satu kaki.

Advertisement

Dikutip dari Fortune, sejumlah tokoh yang berbicara pada konferensi MPW Summit di Fortune, pada Kamis (25/9) mengungkapkan model perputaran bisnis saat ini ke arah virtual. 

Head Global Hosting Airbnb, Catherine Powell mengatakan, dampak Covid-19 terhadap bisnis perjalanan membuat perusahaan harus membatalkan rencana selama dua bulan.

Airbnb dengan cepat beralih layanan pengalaman konsumen, seperti kelas memasak dan tur hiking online. Powell percaya pengalaman online ini mampu menghubungkan pihaknya secara dekat dan emosional dengan konsumen. 

Sementara itu, mitra pendiri strategi dan eksekutif program serta produser Konvensi Nasional Demokratik 2020, Stephanie Cutter mengungkap realita perubahan agenda pertemuan ke format virtual.

Cutter menilai transisi saat ini merupakan kesempatan pekerja televisi menjadi lebih kreatif dengan beberapa perubahan strategis. Perubahan itu mencakup, segmen yang lebih pendek, keragaman konten (tidak hanya kandidat yang berbicara ke dalam kamera), elemen hiburan, dan berbagai format lain.

Ketika ruang pertemuan sebelumnya penuh sesak, virtual conference akan menjadi tren berikutnya. Format virtual, dalam beberapa kasus juga memungkinkan, kedekatan lebih "intim" antara narasumber dengan pemirsa. 

Perubahan Strategi Pemasaran

Perubahan strategi bisnis turut mengubah strategi pemasaran perusahaan di masa pandemi. Dikutip dari The Guardian, sejalan dengan perubahan layanan dan penawaran dari offline ke online, pebisnis juga harus dengan cepat menyesuaikan strategi pemasaran sebagai respons perubahan konsumen. 

Pakar Pemasaran Digital dan Social Media Consultant, Laurie Wang mengatakan, saat ini terjadi perubahan mendadak perilaku konsumen online. Dia membagi tiga tips mengubah strategi pemasaran di tengah ketidakpastian saat ini. 

1. Putar Belanja Iklan ke Kesadaran Merek

Dengan banyak pelanggan yang mengubah kebiasaan belanja produk pribadi selama krisis dan cenderung menahan pengeluaran, perusahaan perlu mengevaluasi kembali pengeluaran anggaran pemasaran. Anggaran iklan yang semula hanya berfokus pada penjualan kini bisa diputar ke pengeluaran membangun kesadaran merek (brand building awarness).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement