Heinz-ABC Dapat Berkah dari Pandemi dan Program Bansos Pemerintah

Image title
Oleh Ekarina
26 September 2020, 01:05
ilustrasi sambal ABC. Heins ABC mendapat kenaikan permintaan produk selama pandemi corona.
Heinzabc.com
ilustrasi sambal ABC. Heins ABC mendapat kenaikan permintaan produk selama pandemi corona.

Pandemi corona memberi "berkah" tersendiri bagi produsen makanan minuman, PT Heinz ABC Indonesia. Tren memasak di rumah saat pandemi membuat permintaan untuk beberapa produk seperti kecap, saos sambal serta sarden naik cukup tinggi. 

Sales Director Heinz ABC, Reynold Pandopotan mengatakan, permintaan sarden juga naik karena masuk ke dalam paket bantuan sosial (bansos) pemerintah. "Penjualan cukup terbantu dengan adanya produk sarden bansos," ujarnya dalam diskusi daring MarkPlus Industry Rountable: FMCG Perspective, Jumat (25/9).

Advertisement

Perusahaan bahkan sempat kewalahan memenuhi permintaan. "Sempat terjadi kekurangan suplai karena lokal tidak ada bahan baku ikan, sehingga kami mengimpor," katanya. 

Data Kantar World Panel, tren memasak di rumah kala pandemi membuat permintaan bahan makanan dan bumbu masak naik tajam. Berdasarkan jenisnya, kenaikan permintaan tertinggi datang dari produk tepung terigu yang pada kuartal II 2020 mencapai 20%, baik per kuartal maupun tahunan.  

Berikutnya, kaldu bubuk untuk sup naik 11%-20% pada kuartal II dibandingkan kuartal I 2020. Sedangkan pada kuartal II 2020 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya terjadi kenaikan 5%-10%.

Kategori kecap, permintaannya naik 5%-10% baik per kuartal (quarter -to-quarter) maupun dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan saos sambal kenaikannya mencapai 20%.

Selama masa pandemi, mayoritas konsumen cenderung berbelanja di minimarket. Masih menurut data Kantar, secara nilai penjualan di minimarket naik sekitar 11%-20% pada semester I 2020 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Lalu general trade atau perdagangan umum ada kenaikan nilai transaksi 5%-10% dan supermarket kenaikannya hanya 0%-1%. Saat ini, general trade masih menjadi kontributor utama penjualan produk Heinz ABC sekitar 65%. 

"Orang suka belanja di tempat yang dekat, mengurangi mobilitas. Tapi di general trade masih ada kenaikan," kata Reynold.

Dari sisi brand, kecap ABC  saat ini menempati posisi kedua di pasar dengan perolehan pangsa pasar 19,3%. Sedangkan sambal ABC menempati posisi pertama dengan pangsa pasar 47,5%.

Berikutnya untuk brand produk sirup ABC meraih peringkat kedua dengan pangsa pasar 35,3% serta produk sarden di posisi pertama dengan pangsa pasar 61,8%.

Dampak Pandemi

Meski beberapa kategori produk naik, Heinz ABC tetap terkena dampak negatif pandemi, terutama akibat lesunya sektor pariwisata. Reynold menyebut, segmen hotel, restoran dan katering menurun. Sedangkan, segmen penjualan e-commerce meningkat

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement