Dua Waralaba Asing Tutup Gerai dan Setop Operasi di Tengah Pandemi

Image title
Oleh Ekarina
28 September 2020, 16:25
Waralaba, Pandemi Corona, Covid-19, Bisnis, Brand Merek, McDonalds.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.
Pengunjung berjalan keluar seusai membeli makanan di gerai makanan cepat saji McDonald's, kompleks pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Jumat (8/5/2020). McDonalds kembali menutup gerainya di Kuta, Bali.

Sejumlah gerai waralaba asing berhenti beroperasi di Indonesia di tengah pandemi corona. McDonald's Kuta Beach, Bali dikabarkan tutup  pada Selasa, (29/9) bersamaan dengan penutupan seluruh gerai waralaba restoran bergaya open kitchen Marché Mövenpick mulai Rabu (30/9).

Kabar penutupan McDonald's Kuta Beach sebelumnya santer beredar di media sosial Twitter. Pemilik akun @TimpalBali mencuitkan sambil  melampirkan  foto pengumuman McDonald's Kuta Beach yang terpasang di depan pintu masuk. 

Advertisement

"McD depan pantai tutup. Apa kenangan kalian di sini?" tulisnya, dikutip dari media sosial Twitter, Senin (28/9).

Cuitan ini telah diretweet 612 kali dan disukai 694 netizen hingga Senin sore. Dalam penggumuman yang dilampirkan, manajemen

"McDonald's Kuta Beach akan tutup secara permanen mulai 23 September 2020 pukul 21.00 WITA. Terima kasih telah mengukir cerita bersama McDonald's Kuta Beach selama 20 tahun," bunyi pengumuman  dalam poster tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, Director of Communication McDonald's Indonesia, Sutji Lantyka enggan beromentar perihal kabar penutupan dan alasannya.

"Maaf, saya tidak bisa berkomentar apapun mengenai ini," katanya kepada katadata.co.id.

Sebelumnya, McDonalds juga menutup gerai tertuanya di Indonesia yang berlokasi di gedung Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat. Alasan penutupan gerai saat itu karena pusat belanja tersebut akan segera direvonasi. Sehingga perusahaan beserta tenan lain terpaksa harus pindah ke lokasi lain. 

McDonald’s merupakan restoran fast food terbesar di dunia yang didirikan pada 1955 di California, Amerika Serikat. Waralaba restoran dengan produk andalan burger Bigmac ini telah memiliki ribuan gerai yang tersebar di lebih dari 100 negara.

Waralaba makanan minuman ini pertama kali masuk ke Indonesia pada 1991 lewat restoran pertamanya di Sarinah, Thamrin. Pada 2009, PT Rekso Nasional Food (RNF), salah satu anak usaha Rekso Group menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO).

Perjanjian ini mencakup pemberian izin operasional seluruh restoran brand McDonald’s, termasuk kebijakan pembukaan restoran baru di seluruh Indonesia.

Hingga kini RNF telah membuka lebih dari 200 gerai McDonald’s di sejumlah kota di Indonesia dan mempekerjakan sekitar 14.000 karyawan.

Sementara mengutip data Statista, pada 2019, Tiongkok merupakan negara dengan sebaran restoran McDonald's terbanyak di seluruh Asia Pasifik dan Timur Tengah sejumlah 3.380 ribu gerai.

Berikutnya ada Jepang dengan sekitar 2,9 ribu gerai dan Australia dengan 999 gerai. McDonalds juga memiliki pasar dengan pertumbuhan tinggi di Asia seperti di Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand. 

Sedangkan di seluruh dunia, hingga 2019 perusahaan waralaba yang terkenal dengna ikon badutnya ini memiliki sekitar 38,7 ribu restoran.

Perusahaan restoran lain yang menutup gerainya di Indonesia yakni Merche Mövenpick. Penutupan ini diketahui berdasarkan pengumuman yang disampaikan manajemen dalam akun Instagram.

Manajemen mengucapkan terima kasih, karena sejak pertama kali membuka restoran pada 2009 di Plaza Senayan, Grand Indonesia sampai gerai ketiga di Lippo Mall Puri. Hingga pada perjalanannya di tahun ke sebelas, restoran ini akhirnya  berhenti beroperasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement