Toyota akan Gelar Virtual Showroom 24 Jam, Honda Masih Andalkan Dealer

Image title
Oleh Ekarina
29 September 2020, 18:13
Pandemi Corona, Covid-19,Toyota, Pemasaran, Virtual Digital, Otomotif.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi pameran mobil Toyota di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Toyota kini mengandalkan pameran digital dan showroom virtual dalam memasarkan produknya.

Pandemi corona memukul industri otomotif dalam negeri. PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatur strategi agar beberapa produk baru bisa diserap pasar melalui pameran online dan membuat ruang pamer (showroom) virtual.

Marketing Director Toyota, Anton Jimmy Suwandi mengatakan, pandemi corona dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat aktivitas promosi dan pemasaran offline menjadi terbatas. Aktivitas tersebut misalnya, membuat pameran di mal, convention center atau mengandalkan penjulan via showroom dealer Auto2000.

Advertisement

"Kami akan membuka virtual showroom pada akhir tahun yang bisa digunakan 24 jam sehari. Ini saya kira ini akan menjadi sebuah layanan dalam new normal," kata dia dalam Workshop Automotive and Industry, Selasa (29/9).

Dengan  layanan tersebut, pengguna dapat mengakses informasi produk hingga paket-paket pembelian dan faslitas kredit yang tersedia. Toyota juga menyediakan fitur chat untuk memudahkan konsumen berintekasi dengan tenaga pemasar.  

Selain itu, perusahaan juga sudah menggelar dua kali pameran online, yakni Toyota Virtual Expo dan Google Auto Festival melalui kolaborasi dengan  Google. 

Dua pameran ini menurutnya mendapat animo besar dari konsumen. Toyota Virtual Expo diklaim mampu mendatangkan 131 ribu visitor dan 610 surat pemesanan kendaraan (SPK). Sedangkan, event virtual Toyota bersama Google, menghasilkan 600 SPK.

Selain itu, perusahaan juga akan memaksimalkan promosi dan saluran digitalnya yang lain, seperti mToyota Apps, Toyota chatbot dan Toyota Asset Digital lewat Facebook, Twitter, Youtube, dan website.

Anton menyebut, pengembangan teknologi digital semakin relevan bagi industri otomotif di masa pendemi. Hal ini tercermin, dari kenaikan prospect costumer  Toyota melalui digital sebesar 40%-50%, dari yang sebelumnya 15%-20%. Sisanya, berasal dari konsumen yang datang ke showroom.  

Sepanjang Januari-Agustus 2020, Toyota mencatat penjulan 115.553 unit, dengan  pangsa pasar 31,7% terhadap total industri nasional. 

Dari total penjualan tersebut, 60% penjulan Toyota disumbang dari segmen multi purpose vehicle (MPV)  Toyota Avanza dan Kijang Inova. Lalu, 25% dari segmen sport utility vehicle (SUV) lewat lini Rush dan Fortuner. 

Strategi Pesaing Toyota 

Strategi Toyota perkuat digital juga dilakukan pesaingnya, PT Honda Prospect Motor (HPM). Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, Yusak Billy mengatakan, selama pandemi kebiasaan konsumen beralih ke saluran daring. 

"Penjualan yang kami dapat dari data base konsumen melalui media digital ini ada lebih dari 50%," ujarnya kepada Katadata.co.id.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement