Strategi Branding Nestle Lewat Logo Produk Sehat

Image title
Oleh Ekarina
1 Oktober 2020, 12:30
Brand, Logo, Nestle, Makanan, Minuman, Kesehatan, Bisnis, BPOM.
Milo.co.id
Ilustrasi produk Nestle, Milo. Nestle bakal cantumkan logo pilihan lebih sehat pada produk susunya.

Perusahaan makanan minuman Nestle Indonesia terus meningkatkan penetrasi pasarnya di dalam negeri. Salah satu strateginya yaitu dengan mencantumkan logo "Pilihan Lebih Sehat" dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada kemasan produk minuman untuk menarik minat konsumen.

Presiden Direkstur Nestle Indonesia, Ganesan Ampalavanar mengatakan perusahaan berkomitmen meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan berkontribusi terhadap masa depan lebih sehat.

Advertisement

Dengan adanya logo ini, perusahaan berharap ikut berperan aktif mendorong masyarakat dalam membaca label produk pangan dan memperhatikan asupan gizi yang dibutuhkan.

"Logo ini akan dicantumkan pada produk minuman siap konsumsi Bear Brand, Dancow dan Milo UHT," ujarnya dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu (30/9).

Ketiga produk berlogo kesehatan tersebut akan dipasarkan pada kuartal IV 2020. 

Direktur Corporate Affairs Nestle Indonesia, Debora Tjandrakusuma menambahkan, sebagai produsen, perusahaan juga berkomitmen mengurangi kandungan gula di beberapa produknya.

Saat ini, komitmen pengurangan gula sudah diterapkan pada jenis produk Milo Activ-Go less sugar 25% dan Dancow Nutritods 0% sukrosa. Sedangkan untuk membantu meningkatkan gizi produk, Nestle juga memfortifikasi produk lewat zat besi, zinc, yodium, vit A dan D.

Fortifikasi adalah proses penambahan mikronutrien (vitamin dan unsur renik esensial) pada makanan.

Pada 2019, jumlah sajian produk yang sudah difortifikasi menurutnya telah mencapai 3,87 miliar dan pada semester I 2020 sudah mencapai 2,1 miliar. 

Untuk meningkatkan ekspansi usahanya, Nestle sebelumnya menambah investasi US$ 100 juta atau Rp 1,5 triliun. Dana  ini digunakan untuk menambah kapasitas ketiga pabriknya di Karawang, Jawa Barat, Kejayan Jawa Timur dan Panjang Lampung sebesar 25%. 

Kampanye produk sehat sebelumnya dilakukan PT Mayora Indah Tbk, melalui anak usahanya brand Le Minerale bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggagas Gerakan Indonesia Sehat (GIS). Kampanye GIS dengan mengusung 3 pilar pola hidup sehat, yakni Move Right, yakni berolahraga secara benar dan teratur. 

Eat Right, atau makan dengan benar dan bergizi  dan drink right atau minum dengan benar, yang mendorong konsumsi air minum masyarakat.

Kampanye dan strategi pengenalan brand ini dilakukan lewat berbagai kegiatan seperti lomba lari hingga pembagian 2 juta botol air mineral ke rumah sakit. Tujuannya untuk mensosialisasikan pentingnya mengonsumsi air mineral kepada masyarakat.

Syarat Logo Sehat 

Logo “Pilihan Lebih Sehat” merupakan standarisasi yang ditetapkan oleh BPOM untuk mengedukasi konsumen dalam memilih produk sehat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement