Ramai-ramai Produsen Kosmetik Banting Setir Produksi Hand Sanitizer

Image title
Oleh Ekarina
2 Oktober 2020, 10:30
Industri, Kosmetik, Pandemi Corona, Covid-19, Hand Sanitizer, Bisnis, Brand.
pixy.co.id
Pixy, salah satu brand kosmetik Indonesia milik PT Mandom Indonesia Tbk. Mandom menambah varian produk hand santinizer di masa pandemi Covid-19. .

Perusahaan kosmetik turun mengubah strategi demi mempertahankan bisnis di masa pandemi Covid-19. Salah satunya PT Mandom Indonesia Tbk yang memproduksi hand sanitizer yang melindungi dari kuman sekaligus sebagai produk kecantikan.

Produsen kosmetik merek Pixy dan Gatsby ini menyatakan pasar memberikan respons yang positif atas produk tersebut. "Mandom Hand Sanitizer yang diluncurkan tahun ini mendapatkan respon positif dari pasar, dan diharapkan  terus berlanjut. PIXY juga baru saja meluncurkan PIXY Aqua Protection Hand Gel & Hand Mist," kata Corporate Secretary PT Mandom Indonesia Tbk, Alia Dewi kepada katadata.co.id, Kamis (1/10).

Alia mengatakan persaingan produk hand sanitizer kini persaingannya makin ketat. Sehingga, perseroan juga membidik kategori lain yang sedang populer dan berpeluang tumbuh di tengah kondisi pasar saat ini, yakni hairstyling dan alas bedak.

Hal lain yang menurutnya cukup menantang saat ini terkait pemasaran. Guna mendorong penjualan di tengah pandemi ini, perusahaan semakin aktif berpromosi melalui saluran digital, media sosial agar semakin mendekat ke konsumen dan meningkatkan brand awareness

Perusahaan juga terus aktif mengadakan beragam kegiatan virtual launching, salah satunya produk PIXY di platform e-commerce Lazada.

"Kami juga memiliki program home delivery yang dikelola oleh tim kami di masing-masing daerah. Untuk penjualan, kami bekerja sama dengan beberapa marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan Sociolla," katanya.

Melalui strategi ini, Mandom berharap pertumbuhan penjualan hingga akhir tahun mencapai hingga dobel digit dan meminimalisir kerugian.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, pada kuartal II 2020, emiten konsumer ini mencatatkan rugi bersihRp 52,9 miliar. Penurunan ini sejalan dengan kinerja penjualan Mandom anjlok 29,4% secara tahunan menjadi Rp 996,7 miliar.

Produk serupa juga diandalkan PT Martina Berto Tbk selama pandemi.  Melihat kebutuhan dan peluang ini, perusahaan merilis lagi SKU hand sanitizer bernama Quick ‘N Fresh Hand Gel.

"Setelah sebelumnya unit bisnis Martha Tilaar Group, memproduksi Hand Sanitizer Bright Clear, perusahaan juga menambah alternatif pilihan produk hand sanitizer di bawah bendera PT Martina Berto Tbk," tulis manajemen perusahaan dalam situs resmi, dikutip Kamis (1/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...