Buka Pusat Belanja Ketiga, AEON Mall Gandeng UMKM

Image title
Oleh Ekarina
18 Oktober 2020, 11:04
Buka Pusat Belanja Ketiga, AEON Mall Gandeng UMKM .
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Petugas kasir melayani konsumen dari balik sekat plastik di AEON Mall, Tangerang, Banten, Jumat (29/5/2020). AEON Mall akan membuka gerai ketiga di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Pengembang mal dan pusat perbelanjaan asal Jepang PT AEON Mall Indonesia akan membuka cabang ketiganya di  Sentul City, Bogor, Jawa Barat, pada 28 Oktober 2020. Perusahaan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, menyediakan ruang pelayanan dan mendukung sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Kami  berupaya total dalam membantu masyarakat. Apakah dengan menghadirkan layanan publik, penjualan produk UMKM, dan banyak upaya lain yang akan kami lakukan ke depan," kata Presiden Direktur AEON Mall Indonesia Daisuke Isobe dalam pernyataan di Jakarta, Minggu (18/10).

Advertisement

AEON bersama Pemkab Bogor akan membangun mal pelayanan publik di dalam mal, yang akan beroperasi dengan protokol kesehatan ketat.

Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin mengatakan kerja sama dengan AEON Mall merupakan bagian dari langkah percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik. Hal ini untuk mendukung pertumbuhan investasi serta komitmen reformasi birokrasi.

"Nantinya, semua pelayanan perizinan, nonperizinan akan tersedia di sini, mulai dari pelayanan Disdukcapil seperti e-KTP, KK, akte kelahiran. Pelayanan paspor, samsat, PDAM, Bappenda, BPN, BJB, polres, dan DPMPTSP," ujar Ade.

AEON Mall Sentul City juga menyediakan ruang komunikasi bagi Pemkab Bogor untuk mengedukasi dan sosialisasi kebijakan kepada pengunjung pusat perbelanjaan. Seperti, menyediakan ruang berjualan dan promosi bagi pelaku UMKM binaan pemerintah kabupaten.

Untuk membantu pelaku UMKM pada masa pandemi, AEON akan menyediakan lokasi khusus untuk UMKM, termasuk membuatkan stan (booth) untuk melayani pelanggan. 

Mall ini juga akan mengadakan festival UMKM selama dua bulan penuh, sebagai upaya mendatangkan pembeli kepada pelaku UMKM Bogor.

AEON Mall saat ini sudah beroperasi di dua lokasi, yakni di BSD, Tangerang (2015) dan Jakarta Garden City, Jakarta Timur (2017). Selain AEON Sentul, perusahaan juga menargetkan membuka dua gerai lainnya yakni AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta pada 2021 dan AEON Mall di kawasan Deltamas, Bekasi, Jawa Barat setelah 2022.

Bisnis Retail dan Mal Lesu 

Bisnis retail dan pusat belanja tahun ini menghapi pukulan berat akibat pandemi corona dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta dan wilayah lainnya.

Wakil Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja mengatakan, pelaku usaha saat ini masih berupaya semaksimal mungkin untuk bertahan di tengah pandemi. Sebab, kegiatan usaha di pusat perbelanjaan masih belum pulih hingga saat ini.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement