Menlu Austria dan Belgia Positif Covid-19 usai Konferensi Uni Eropa

Image title
Oleh Ekarina
18 Oktober 2020, 14:00
Menteri Luar Negeri, Covid-19, Eropa, Virus Corona, Pandemi Corona, Gerakan 3M.
ANTARA FOTO/REUTERS/Francois Lenoir/Pool/WSJ/dj
Pemimpin negara Uni Eropa mengikuti ktt UE tatap-muka langsung untuk pertama kalinya sejak wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Brussels, Belgia, Jumat (17/7/2020). Menteri Luar Negeri Belgia dan Austria Positif Covid-19 usai hadiri pertemuan di Luxembourg.

Menteri luar negeri Austria dan Belgia terkonfirmasi positif virus corona. Keduanya dikabarkan terpapar usai menghadiri pertemuan bersama para menteri Uni Eropa pekan ini.

Menteri Austria Alexander Schallenberg dan Menteri Belgia Sophie Wilmes duduk bersebelahan saat makan pagi di pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri Uni Eropa, Senin (12/10) di Luxemburg. 

Advertisement

"Schallenberg kemungkinan terinfeksi di (pertemuan) Dewan Menteri Luar Negeri di Lukemburg pada Senin lalu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Austria melalui pernyataannya dikutip Minggu (18/10). 

Schallenberg diketahui tidak bergejala dan rutin melakukan pemeriksaan. Sedangkan, Wilmes pada Sabtu (17/10) menyatakan dirinya positif virus corona, sehari setelah menjalani isolasi mandiri dengan dugaan gelaja Covid-19.

"Transmisi kemungkinan terjadi di dalam lingkungan keluarga saya, mengingat langkah pencegahan yang dilakukan di luar rumah," ujarnya lewat akun media sosial Twitter. 

Pertemuan bilateral satu-satunya Schallenberg di Luxembourg yakni dengan Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney, namun keduanya menjaga jarak fisik. Irlandia telah diberi tahu soal kondisi Schallenberg yang terbukti positif. 

"Schallenberg juga menghadiri pertemuan kabinet pada Rabu (14/10), namun para partisipan menggunakan masker," ujar jubir menambahkan.

Menteri kabinet Austria kemudian dites pada Sabtu (17/10) dan semuanya dinyatakan negatif corona, menurut kantor Kanselir Sebastian Kurz.

Kabinet Austria dua pekan lalu juga mengaku mulai khawatir ketika salah satu kolega dekat Kurz terkonfirmasi positif virus corona.

Pemeriksaan Kesehatan Menlu Eropa

Kabar mengenai kedua menteri yang positif terpapar Covid-19 pun membuat sejumlah menteri luar negeri Eropa melakukan pemeriksaan. 

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas dinyatakan negatif COVID-19 pada Jumat (16/10) dan tidak melakukan kontak dekat dengan Schallenberg. Sedangkan  Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde akan bertugas dari rumah sampai menerima hasil tes negatif.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement