Laporan Lengkap Hasil Uji Vaksin Covid-19 Sinovac Baru Keluar Mei 2021

Image title
Oleh Ekarina
30 Oktober 2020, 16:15
Vaksin Virus Corona, Sinovac, Tiongkok, Pandemi Corona, Covid-19, WHO, Jokowi, Gerakan 3M.
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020).

Tim Riset Uji Klinis kandidat vaksin virus corona Sinovac akan menyampaikan laporan lengkap hasil uji vaksin tahap ketiga kepada Biofarma pada Juni 2021. Saat ini tim masih meniliti dampak lanjutan terhadap relawan, baik sebelum dan sesudah penyuntikan.

Juru Bicara Tim Riset Uji Klinis Kandidat Vaksin Sinovac Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Rodman Tarigan mengatakan, pihaknya akan menyampaikan laporan awal (preliminary report) terhadap 540 subjek pada November mendatang.

Advertisement

Sementara informasi lengkap terhadap 1.620 relawan baru akan dilaporkan pada Mei atau Juni 2021. "Uji klinis selesai di bulan Mei, lalu kami beri data lengkapnya ke Biofarma Juni. Time linenya demikian," kata Rodman dalam webinar Katadata  KawalCovid-19 bertajuk "Perburuan Vaksin Hampir Finish?" Kamis (29/10).

Dia pun memastikan fase uji coba tahap ketiga, sebagai fase paling krusial ini dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, tim terus meneliti data-data terkait efikasi, kadar antibodi sebelum dan sesudah penyuntikan termasuk berapa lama kadar antibodi dari vaksin itu akan bertahan.

Kemudian, pertanyaan mengenai kemungkinan vaksin diberikan lansia anak-anak,  juga menurutya masih diteliti. "Kita mau tahu zero konversinya yang diharapkan dari vaksin apakah 4 kali lipat," katanya.

Saat ini sudah ada sekitar 837 relawan yang masuk tahapan monitoring efikasi. Efikasi adalah kemampuan vaksin memberikan manfaat atau terhadap orang yang disuntik.

Berdasarkan penilitian tim terhadap 1.620 relawan yang telah mendapat suntikan pertama dan 1.294 orang yang mendapat suntikan kedua, vaksin buatan Tiongkok itu belum berdampak negatif. Rata-rata hanya mengalami reaksi lokal ringan, seperti nyeri bekas suntikan, timbul kemerahan dalam kurang 30 menit.

Sementara itu, Kepala Lembaga Biologi Molukuler (LBM) Eijkman Amin Soebandrio mengatakan proses penelitian vaksin Covid-19 atau vaksin Merah Putih mencapai 55%.

Sebelumnya disebutkan, dalam tahap awal ini, Eijkman telah mempersiapkan protein rekombinan untuk di uji kepada hewan. Untuk mencapai tersebut, Eijkman telah mengidentifikasi virus corona yang bersirkulasi di Indonesia.

Pihaknya mengaku tengah berupaya mengenmbangkan secepat mungkin dan berharap vaksin merah putih ini memiliki efikasi tinggi dan aman. Ini sebagaimana yang ditekankan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas pekan lalu.

"Saat ini proses di fasilitas lab sudah capai 55%, diharapkan awal tahun depan kami sudah bisa memberikan sheet vaksinnya untuk dilanjutkan ke uji klinis I, II dan III," kata Amin.

Proses pengembangan vaksin ini baru dimulai April 2020. Jika vaksin merah putih diberlakukan sama seperti vaksin impor, diperkirakan akhir 2021 uji klinis selesai dan bisa mendapat izin edar pada 2022.

"Vaksin merah putih diharapkan bisa memenuhi 50% kebutuhan vaksin di Indonesia, dan kita harus membantu negara lain yang secara ekonomi tidak bisa mempruduksi vaksin sendiri,"ujarnya.

Sambil menunggu vaksin merah putih ini siap digunakan, pemerintah membuka kesempatan menggunakan vaksin dari negara mana saja sepanjang memenuhi syarat dan standar yang ditetapkan pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia(WHO).

Namun, penetapan bila langkah itu dilakukan, dia berharap Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dapat menetapkan persetujuan darurat (emergency use authorization/UEA) secara berhati-hati berdasarkan kajian ilmiah di dalam maupun luar negeri.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement