Kiat Kaesang Pangarep Akselerasi Bisnis UMKM hingga Wacana IPO

Image title
Oleh Ekarina
12 November 2020, 16:21
Jokowi, UMKM, Kaesang Pangarep, Bursa, Investasi, Bisnis.
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Putra ke-3 Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep saat menghadiri peluncuran aplikasi Madhang, di Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/12). Madhang merupakan aplikasi untuk mencari makanan spesial yang berasal dari resep masakan keluarga di Indonesia.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep mengungkapkan sejumlah rencananya  membantu usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia. Melalui perusahaan akselerator GK Hebat yang ia dirikan, UMKM diharapkan berkembang secara bisnis, mudah memperoleh akses pembiayaan hingga melantai di pasar modal. 

Kaesang yang merupakan Founder PT Harapan Bangsa Kita (Hebat) mengatakan, Indonesia memiliki sejumlah potensi usaha yang bisa ditingkatkan, sektor kuliner salah satunya. 

Advertisement

Ia mencontohkan kuliner berbahan pisang di bawah bendera GK Hebat, Sang Pisang kini sudah berkembang dengan puluhan outlet. GK Hebat kini membawahi brand kuliner lain seperti Yang Ayam dan Ternakopi.

"Kami ingin UMKM menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia, dengan akselelator mereka bisa memperoleh pendanan dan peningkatan keahlian," kata Kaesang dalam webinar series 82 Tahun Sinar Mas: Inovasi UMKM Tetap Berjaya di Tengah Pandemi, Kamis (12/11).

Permodalan masih menjadi kendala utama pelaku UMKM. Oleh karenanya, GK Hebat ingin menjadi akselerator yang menjembatani kebutuhan permodalan UMKM. Modelnya, bisa dengan membeli saham UMKM untuk ditukar sebagai modal usaha. 

Tak hanya menyuntik modal, GK Hebat juga memberi pelatihan keahlian atau vokasi UMKM melalui unit usahanya yakni Enigma.

KAESANG PANGAREP BUKA OUTLET DI TEGAL
KAESANG PANGAREP BUKA OUTLET DI TEGAL (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

"Enigma konsepnya O-to-O (online to offline), mereka bisa membuat platform atau aplikasinya di bawah GK Hebat untuk meningkatkan penjualan," katanya.

GK Hebat juga memiliki tim operasional, marketing dan keuangan yang akan mendampingi UMKM menjalankan usaha. Sehingga ketika UMKM berkembang, mereka bisa mendapat pendanaan dari investor lain. Termasuk melalui pencatatan saham perdana (IPO) untuk meraih alternatif pendanaan. 

"Kami masih dalam tahap berdiskusi dengan BEI (Bursa Efek Indonesia), bisa tidak (UMKM) mini IPO untuk bisa mendapat pendanaan," kata Kaesang. 

Wacana IPO sebelumnya dilontarkan Kaesang lewat akun Twitter, Selasa (10/11). Dalam cuitannya, dia minta masyarakat menunggu tahun depan dan mendoakan agar brand di bawah GK Hebat bisa dibeli masyarakat.

"Tunggu tahun depan ya. Doakan semua brand di bawah @hebatofficial bisa dibeli sahamnya oleh masyarakat," tulis Kaesang .

Cuitan ini dilontarkan menanggapi pertanyaan pengguna Twitter lain perihal kemungkinan Sang Pisang melantai di BEI. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement