WHO Peringatkan Negara yang Kasus Covid-19 Menurun Tetap Waspada

Image title
Oleh Ekarina
28 November 2020, 07:51
WHO, Covid-19, Pandemi Corona, Covid-19, Vaksin Virus Corona, Gerakan 3 M.
ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui/WSJ/cf
Tenaga kesehatan membawa jenazah seorang pria, yang meninggalakibat virus corona (COVID-19), dari ambulans ke krematorium di New Delhi, India, Jumat (13/11/2020).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperigatkan negara-negara yang sudah mengalami penurunan kasus virus Covid-19 agar tetap waspada. Langkah ini untuk menjaga laju kasus tetap terkendali.

"Apa yang tidak ingin kami lihat adalah situasi dimana negara beralih dari penguncian untuk mengendalikan (virus) ke penguncian yang lain," kata Kepala Teknis Covid-19 WHO Maria Van Kerkhove, dikutip dari Reuters dalam konferensi virtual di Jenewa.

Advertisement

Menurut data Worldometers, hingga kini sudah ada lebih dari 61,9 juta orang di seluruh dunia terinfeksi virus corona dan 1,42 juta lainya meninggal dunia.

Sejumlah negara dengan angka kasus Covid-19 tinggi dikabarkan mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan, seperti India dan Prancis. Meski masih berada di kisaran puluhan ribu, kurva virus telah menurun di angka 43.082 kasus baru dalam 24 jam terakhir.

"Ini kekuatan kami untuk menjaga transmisi rendah. Kami melihat puluhan negara menunjukkan wabah tersebut mampu dikendalikan dan masih terkendali," ujarnya.

WHO juga sebelumnya mengeluarkan peringatan pandemi tak akan berakhir hanya dengan vaksin virus corona. Pernyataan itu dibuat setelah beberapa perusahaan mengklaim vaksin yang dikembangkan efektif mencegah penyebaran virus corona. 

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan vaksin penting untuk mengendalikan pandemi. Tapi vaksin bukan satu-satunya alat mencegah penularan Covid-19.

Seperti diketahui, berbagai perusahaan berlomba-lomba mengembangkan vaksin virus corona. Beberapa di antaranya telah menunjukkan hasil yang positif.

Moderna Inc menyebut vaksin buatannya efektif mencegah Covid-19 hingga 94,5%. Hal itu berdasarkan temuan 95 kasus infeksi yang terjadi di antara 30.000 relawan. 

Pfizer Inc juga mengklaim vaksin yang dikembangkannya efektif mencegah Covid-19 hingga 90%. Sedangkan Sputnik V dari Rusia menyebut vaksin yang dibuatnya efektif menangkal virus corona hingga 92%.

Vaksin Virus Corona
Vaksin Virus Corona (ANTARA)

Tedros menyebut program vaksinasi harus diikuti oleh disiplin protokol kesehatan yang ketat, seperti peningkatan tes, isolasi, dan perawatan bagi yang positif Covid-19.

Selain itu, upaya pelacakan dan karantina yang berkontak erat harus terus berjalan. Terakhir, pemerintah harus melibatkan komunitas dan mendorong setiap orang berhati-hati terhadap penularan virus.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement