Matahari Tutup Gerai, Industri Retail Belum Pulih hingga Akhir 2021

Image title
Oleh Ekarina
1 Desember 2020, 20:55
Matahari Departement Store, Retail, Industri, Mal, Pandemi Corona, Covid-19, Vaksin Virus Corona.
Katadata | Arief Kamaludin
ilustrasi gerai retail Matahari Departement Store. Matahari akan menutup 6 gerai hingga akhir tahun karena imbas Covid-19.

Perusahaan retail PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) memaparkan sejumlah tekanan bisnis yang dialami perusahaan hingga kuartal IV 2020 akibat pandemi Covid-19. Perseroan menutup enam gerai serta menghentikan tujuh merek yang dibeli langsung untuk mengontrol persediaan barang dan menekan biaya.

Dalam paparannya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), manajemen Matahari mengungkapkan, kasus Covid-19 yang masih tinggi dan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di enam kota mempengaruhi 42 gerai milik perusahaan.

Advertisement

Kericuhan imbas demonstrasi Omnibus Law serta penetapan upah minimum (UMP) 2021 turut mempengaruhi bisnis perseroan. Akibatnya transaksi perdagangan turun. Kasus Covid-19 dan PSBB yang masih berlangsung pun memicu kekhawatiran pengujung. 

Dengan kendala ini, perusahaan menutup enam gerai berformat besar dengan kinerja tidak menguntungkan, yakni empat di Jawa, satu di Bali dan satu di Sulawesi. Sehingga, sampai dengan tahun, perusahaan akan mengoperasikan 147 gerai.

"Dari 147 gerai yang dilanjutkan, sebanyak 23 gerai sedang dipantau untuk ditingkatkan kinerjanya, ditinjau dan didiskusikan," kata manajemen perseroan dalam keterbukaan informasi BEI, Selasa (12/1).

Matahari juga akan melanjutkan negosiasi dengan pemilik mal untuk biaya sewa yang lebih rendah. Perusahaan memastikan tak akan membuka gerai baru pada kuartal IV 2020 dan kuartal I 2021.

Untuk memperbaiki kinerja di semester 1 2021, perusahaan akan mengurangi persediaan barang yang lambat. Perusahaan memutus tujuh merek lewat pembelian langsung, yakni 361 Degrees, OVS, Rumah & Co, Monterosa, Catrice, RA Jeans dan Crater.

"Persediaan berkurang dari 1,3 triliun pada akhir September menjadi 1,2 triliun saat ini. Diperkirakan sampai dengan akhir tahun stok mencapai Rp 1,1 triliun ," tulis manajemen.

Likuidasi stok akan berlangsung hingga pertengahan tahun depan. Dengan harapan, level stok bisa sama seperti Desember 2019. 

Adapun ke depan, perusahaan akan melakukan manajemen pembelian lebih konservatif lantaran mempertimbangkan penurunan daya beli dan kondisi perekonomian saat ini.

TINGKAT HUNIAN PUSAT PERBELANJAAN MENURUN
TINGKAT HUNIAN PUSAT PERBELANJAAN MENURUN (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.)

Peretail milik Group Lippo, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) juga terpukul  pandemi dan memilih menahan ekspansi. 

Direktur Matahari Putra Prima, Harry Sanjaya, mengatakan perusahaan sama sekali tidak menambah gerai baru tahun ini, bahkan menutup sementara operasi gerai di beberapa lokasi yang sepi pengunjung.

Perseroan sudah menutup sementara 8 gerai. Salah satunya yang berlokasi di Bali karena pengunjungnya sepi lantaran pariwisata juga ikut terpukul pandemi Covid-19. "Kami berencana buka kembali di akhir tahun," kata Harry.

Hingga Juni 2020, perusahaan telah mengoperasikan 100 gerai Hypermart, 26 gerai Foodmart, dan 10 Hyfresh. Kelompok supermarket berkontribusi 96% terhadap total penjualan perseroan.

Sedangkan pada format grosir, perseroan mengoperasikan 1 SmartClub yang berkontribusi 2% dan di kategori convenience store, perseroan memiliki 64 gerai Boston dan 14 gerai FMX yang berkontribusi total 2% terhadap penjualan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Annisa Rizky Fadila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement