Pesan Mahfud MD Pilkada Serentak: Pilih Calon yang Baik dan Patuhi 3M

Image title
Oleh Ekarina
9 Desember 2020, 11:09
Mahfud MD, Pilkada, KPU, Gerakan 3 M, Protokol Kesehatan, Covid-19.
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/wsj.
Petugas KPPS melayani warga yang akan menggunakan hak pilihnya di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (9/12/2020). Menko Polhukam, Mahfud MD minta masyarakat patuhi protokol kesehatan selama Pilkada serentak.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak diselenggarakan hari ini di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengingatkan masyarakat agar memilih calon kepala daerah yang baik hingga mematuhi protokol kesehatan. 

Mahfud mengatakan, Pilkada serentak saat ini akan menentukan masa depan wilayah pemilih dalam lima tahun. 

Advertisement

"Berikan suara untuk memilih pemimpin dan memilih kepala daerah saudara. Kemudian pilihlah pemimpin yang baik," kata Mahfud di sela kunjungan kerja ke Riyadh, Arab Saudi, Rabu (9/12).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga berpesan agar masyarakat yang menggunakan hak pilihnya selalu mematuhi protokol kesehatan. Gerakan 3 M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan diharapkan bisa mencegah penularan wabah Covid-19 selama Pilkada.

Masyarakat juga diharapkan mencoblos dengan sebaik-baiknya sesuai dengan prokes yang diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

"Mudah-mudahan pada Rabu sore atau Kamis (10/12) pagi kita semua sudah tahu hasil pilkada. Meskipun, pengumuman resminya masih harus menunggu beberapa waktu hari lagi," katanya.

KPU menetapkan beberapa protokol kesehatan ketat di tengah pandemi Covid-19. serta mengeluarkan buku panduan bagi Kelompok Pemungutan dan Penghitungan Suara (KPPS) melaksanakan protokol kesehatan. Model pelaksanaan pemilihan di masa pandemi ini merupakan hal baru yang perlu dilaksanakan penyelenggara Pemilu.

Mengutip isi buku tersebut, persiapan yang dilakukan pemilih dalam Pilkada nanti adalah:

1. Mengingatkan penerapan protokol kesehatan

2. Menjaga jarak 1 meter

3. Sebelum masuk dan keluar dari TPS, pencoblos diharuskan untuk mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun

4. Menggunakan masker yang tepat

5. Tidak melakukan kontak fisik

6. Tidak berkerumun di area TPS

Sedangkan langkah yang harus dilakukan oleh KPPS adalah:

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement